$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh yang Harus Diketahui

Zat besi juga berperan penting dalam sistem metabolisme pada tubuh kita, karena zat besi membantu proses pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal se

Salah satu mineral alami yang kerap kali disepelekan oleh banyak orang namun memiliki manfaat yang banyak dan penting untuk tubuh kita adalah zat besi. Zat besi memiliki peran penting sebagai elemen utama dari pembentukan hemoglobin di tubuh kita. 

image via unair.ac.id

Zat besi juga berperan penting dalam sistem metabolisme pada tubuh kita, karena zat besi membantu proses pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel pada tubuh kita, dan membantu terbentuknya hormon dan jaringan ikat.

Tak hanya itu saja, masih ada banyak lagi manfaat dari mengonsumsi zat besi bagi tubuh kita yang penting banget buat diketahui, terutama bagi ibu hamil, perempuan yang sedang menstruasi, dan orang-orang yang sudah lanjut usia. Apa-apa saja sih manfaatnya?

Baik untuk ibu hamil

Zat besi sangat baik untuk kehamilan seorang ibu. Hal ini dikarenakan kebutuhan seorang ibu akan zat besi ketika sedang hamil menjadi meningkat, karena ketika sedang dalam masa-masa kehamilan, produksi sel darah merah dan volumenya menjadi meningkat secara drastis. 

Hal ini disebabkan karena ibu harus memenuhi kebutuhan dua orang secara bersamaan, yaitu bayinya dan dirinya.  Jika dibiarkan, ibu hamil kebutuhan zat besinya tidak terpenuhi berpotensi lebih besar mengalami proses persalinan secara prematur dan juga berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan ringan. Tak hanya itu saja, kekurangan zat besi membuat ibu hamil juga rentan terkena infeksi.

Membantu menyembuhkan anemia

Kekurangan sel darah merah sehat (hemoglobin) atau biasa disebut dengan anemia ternyata dapat disembuhkan dengan zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi membantu pembentukan hemoglobin, sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah, jika kamu sedang menderita anemia, mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi sangat dianjurkan demi mendapatkan kesembuhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Di masa pandemi seperti sekarang ini penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana caranya meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari virus Covid-19. Nah, ternyata mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa membantu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita, loh. 

Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi zat besi mampu membuat meningkatnya produksi hemoglobin di dalam tubuh yang akan mengangkut oksigen ke sel, jaringan, maupun organ yang rusak, sehingga membantu proses penyembuhan tubuh.

Meningkatkan konsentrasi

Selanjutnya yang menjadi manfaat penting lainnya dari zat besi adalah membantu meningkatkan konsentrasi. Tentunya ini berguna sekali bagi anak-anak atau remaja yang sedang memasuki fase sekolah, karena mereka membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk fokus terhadap pelajaran ketika berada di kelas. 

Tak hanya itu saja, ternyata mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi berguna untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam berpikir, meningkatkan kemampuan belajar, dan juga mampu membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

Cara Mendapatkan Zat Besi dengan Mudah

Nah ternyata penting banget kan zat besi untuk tubuh kita. Nah, untuk mendapatkan zat besi, kita bisa menjumpainya pada beberapa jenis makanan yang mudah kita temukan di kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Hati hewan, seperti hati sapi atau ayam.
  • Sayuran bayam
  • Tiram 
  • Kerang
  • Tahu
  • Kentang
  • Tomat
  • dan masih banyak lagi

Merasa tidak suka atau alergi dengan beberapa jenis makanan di atas? Tak perlu khawatir, sekarang ini kita bisa mendapatkan dengan mudah zat besi dalam bentuk suplemen yang dijual bebas di pasaran, seperti suplemen makanan Tonikum

Buat teman-teman yang belum tahu, jadi Tonikum ini merupakan multivitamin, mineral, dan zat besi yang membantu memenuhi kebutuhan zat besi, terutama untuk ibu hamil, perempuan yang menstruasi, anak yang berusia di atas 6 tahun, orang dewasa, dan juga orang-orang yang sudah lanjut usia.

Kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan suplemen makanan Tonikum hanya dengan sekali klik lewat martketplace yang ada di Indonesia. Tunggu apalagi, mari penuhi kebutuhan zat besi harianmu agar tubuh jadi lebih sehat.

Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh yang Harus Diketahui
Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh yang Harus Diketahui
Zat besi juga berperan penting dalam sistem metabolisme pada tubuh kita, karena zat besi membantu proses pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal se
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKiBnTgAI_mgYbSZvYdiaGTxvB8IqgA8a81z-sDU2Hp4DSaKL0sYPxENcbNATWdJL_Kzd2pu3_E703_IImecTddt4dPwyLrF4x37KnHqo_TX9upijD_aladcb6XflPnJCSqUPeLI1vFx6u/s320/ilustrasi+zat+besi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKiBnTgAI_mgYbSZvYdiaGTxvB8IqgA8a81z-sDU2Hp4DSaKL0sYPxENcbNATWdJL_Kzd2pu3_E703_IImecTddt4dPwyLrF4x37KnHqo_TX9upijD_aladcb6XflPnJCSqUPeLI1vFx6u/s72-c/ilustrasi+zat+besi.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/06/pentingnya-zat-besi-untuk-tubuh-yang.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/06/pentingnya-zat-besi-untuk-tubuh-yang.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi