$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK

Biasanya surat lamaran pekerjaan menjadi dokumen wajib yang dilampirkan disertai dengan curriculum vitae dan dokumen lainnya.
Di zaman sekarang persaingan di dunia kerja semakin ketat, termasuk pula untuk lulusan SMA/SMK. Sehingga, dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK harus perlu ke hati-hatian dan pastinya perlu perhatian khusus. Jadi, dalam pembuatan surat lamaran kerja yang baik, perlu Anda perhatikan ulasan kami berikut.

Sobat kami budiman, pastilah Anda pernah mendengar atau baca bahwa tidak hanya lulusan sarjana saja dalam mencari pekerjaan. Lulusan SMA/SMK pun bisa berlomba-lomba mencari tempat pekerjaan yang layak atau sekedar mencari pengalaman kerja. 

Ini tidak bisa dipungkiri juga, bahwa lulusan sarjana ataupun mereka yang memang sudah lulus dari perguruan tinggi yang sudah mengantongi pengalaman kerja, mereka ada saja memilah-milih pekerjaan. Sehingga, tidak heran jika seorang sarjana saja masih menjadi pengangguran. 

Hampir semua universitas membuka jenjang pendidikan sarjana/S1 sehingga lulusan sarjana tiap tahunnya bertambah. Lalu bagaimana dengan nasib lulusan SMA/SMK, apakah mereka masih bisa bersaing dengan lulusan S1? Apakah lulusan SMA/SMK masih bisa mendapatkan pekerjaan impiannya? Jawabannya tentu saja bisa. 

Jika terus mencari-cari informasi lowongan pekerja, tentu masih banyak lowongan pekerjaan yang memberikan syarat pendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat. Sehingga walaupun kamu lulusan SMA/SMK tidak perlu khawatir tidak mendapatkan jatah pekerjaan.

Daftar Jenis Pekerjaan untuk Lulusan SMA/SMK

Indonesia di tahun 2020 mengalami bonus demografi, yang mana artinya masyarakat pada usia produktif lebih banyak dibandingkan usia lainnya. Tentu harusnya hal ini merupakan keuntungan bagi negara, karena jumlah tenaga kerja sangat tercukupi bahkan lebih. 

Kondisi ini pula bisa membawa Indonesia menuju ekonomi yang lebih maju dan sejahtera. Namun dengan banyaknya tenaga kerja, tentunya harus diimbangi dengan jumlah lapangan kerja. Jika lapangan kerja tetap sedangkan jumlah tenaga kerja siap pakai semakin bertambah justru akan mengakibatkan jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat.

Semakin banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan syarat minimal pendidikan tertentu. Biasanya pendidikan minimal yang disyaraktan adalah lulusan SMA/SMK. Lalu apa sajakah jenis pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK? Berikut daftarnya:
  1. Angkatan

Lulusan SMA/SMK juga bisa mendapatkan pekerjaan yang bergengsi. Salah satunya adalah angkatan bersenjata Republik Indonesia. Sebagai lulusan SMA/SMK kamu masih bisa mendaftar sebagai taruna kepolisian, TNI Angkatan Darat, Angakatan Laut maupun Angkatan Udara. Namun kamu harus bisa lulus segala tahap seleksinya baik itu seleksi tertulis maupun seleksi fisik yang memerlukan banyak latihan.

  1. BUMN

Banyak BUMN juga membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK, salah satunya adalah PT. Kereta Api Indonesia. Ada banyak posisi yang bisa diisi oleh lulusan SMA/SMK. Kamu bisa melihat contoh surat lamaran pekerjaan bagi lulusan SMA/SMK agar bisa lolos.

  1. Kasir

Pekerjaan lainnya yang mensyaratkan lulusan SMA/SMK yaitu kasir. Kamu bisa menjadi kasir untuk supermarket, café atau rumah makan. Tentunya syarat pendidikan ini dibutuhkan karena pekerjaan kasir memerlukan ketelitian dan kecepatan menghitung.

  1. Pramuniaga

Sebagai lulusan SMA/SMK kamu bisa melamar pekerjaan sebagai pramuniaga atau pramusaji. Pekerjaan ini juga sangat banyak, mengingat perkembangan bisnis café dan rumah makan juga terus berkembang di seluruh pelosok negeri.

  1. Satpam

Salah satu pekerjaan bagi lulusan SMA/SMK yaitu sebagai satpam. Kamu bisa melamar secara langsung ke perusahaan tertentu maupun melamar ke perusahaan penyedia jasa keamanan yang kemudian akan ditugaskan di perusahaan tertentu sesuai dengan peraturan yang ada.

Format Penulisan Contoh Surat Lamaran pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK

Agar bisa ke terima bekerja, tentunya semua dokumen yang dilampirkan harus sesuai dengan apa yang sudah ada syarat ketentuannya. Termasuk pula surat lamaran pekerjaan. Biasanya surat lamaran pekerjaan menjadi dokumen wajib yang dilampirkan disertai dengan curriculum vitae dan dokumen lainnya. Agar tidak salah dalam penulisannya, kamu bisa mengikuti format penulisan surat lamaran pekerjaan berikut ini:

Purbalingga, 30 November 2020



Perihal : Surat Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 5 lembar



Kepada

Yth. HRD Waroeng Steak

Purwokerto



Dengan hormat,

Saya yang bertana dangan di bawah ini:

Nama : Ummu Salamah

Tempat Tanggal Lahir : Banyumas, 12 Maret 1995

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : SMA N 1 Purbalingga

Nomor Telepon : 089756920467

Alamat : Desa Sumampir, Purbalingga


Saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai kasir di Waroeng Steak cabang Purwokerto. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkaas persyaratan yaitu:


  1. Daftar riwayat hidup

  2. Fotokopi KTP

  3. Fotokopi ijazah terakhir

  4. Fotokopi SKCS

  5. Pas foto 4x6


Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Saya sangat berharap untuk diberikan kesempatan bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.




Hormat saya,




Ummu Salamah


Kamu bisa menggunakan format lamaran ini dan bisa kamu sesuaikan dengan tujuan dan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar.

Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK
Biasanya surat lamaran pekerjaan menjadi dokumen wajib yang dilampirkan disertai dengan curriculum vitae dan dokumen lainnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXW0ojcZmWVFmN5BnP9ykBCCFeuEHUPF74GejxyHXGnTPqF9p8BnBjMmaj8RV9uAnhaIxY-k8S9hj6O427ymqF14G6Nqhp2Yplwyt7dLXzXd-RjX3WgxYeDjh2yOXs2csg1rPmuaXn5P-A/s320/surat+lamaran+kerja.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXW0ojcZmWVFmN5BnP9ykBCCFeuEHUPF74GejxyHXGnTPqF9p8BnBjMmaj8RV9uAnhaIxY-k8S9hj6O427ymqF14G6Nqhp2Yplwyt7dLXzXd-RjX3WgxYeDjh2yOXs2csg1rPmuaXn5P-A/s72-c/surat+lamaran+kerja.png
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/01/contoh-surat-lamaran-pekerjaan-untuk.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/01/contoh-surat-lamaran-pekerjaan-untuk.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi