$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!

Desain kapal Catamaran kini banyak diadopsi oleh kapal Ferry hingga kapal roro. Hal ini dikarenakan, dengan model katamaran, memiliki stabilitas melin

Kapal Catamaran, atau jika dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kapal Katamaran, adalah salah satu jenis kapal yang memiliki 2 buah lambung. Sekilas, kapal dengan jenis ini seolah-olah memiliki 2 badan kapal.

Jika sebelumnya, desain kapal Katamaran ini banyak diadopsi oleh kapal cepat saja. Salah satunya adalah kapal Ferry. Namun kini, desain kapal dengan jenis Katamaran ini banyak digunakan juga pada konstruksi kapal lainnya. Seperti kapal niaga, kapal Roro, maupun kapal militer. Lalu apa saja keunggulan dari jenis kapal Katamaran ini? Yuk, ikuti informasi selengkapnya berikut ini!

Keunggulan dari Desain Kapal Catamaran

Bisa dibilang, kapal dengan 2 buah lambung (catamaran) merupakan salah satu jenis kapal yang bisa meminimalisir jumlah hambatan yang mungkin bisa ditemui kapal selama pelayaran. Bukan itu saja, kapal dengan desain ini juga banyak digunakan oleh beberapa jenis kapal, karena memang memiliki keunggulan-keunggulan. Jika dibandingkan dengan desain kapal lainnya.

Keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya :

Memiliki Stabilitas Melintang yang Kuat

Dengan lambung yang terdiri dari buah, memungkinkan kapal Katamaran memiliki keseimbangan yang kuat, hingga tidak mudah goyah saat diterjang badai. Bahkan, dengan kedua lambung tersebut, memungkinkan kapal dengan desain Catamaran ini memilliki stabilitas melintang yang terbilang kuat. 

Meminimalisir Nilai Hambatan

Diyakini, kapal Catamaran bisa meminimalisir nilai hambatan yang mungkin ditemui selama pelayaran. Terbukti, kapal-kapal yang menggunakan desain ini, memiliki nilai hambatan sekitar 20% lebih kecil, jika dibandingkan dengan nilai hambatan yang biasa ditemui oleh desain kapal lainnya.

Contohnya, pada kapal ikan dan juga kapal patroli, yang sebelumnya menggunakan desain monohull. Namun kini diubah menjadi kapal dengan desain Catamaran. Dimana dengan desain kapal yang baru ini, potensi nilai hambatan yang ditemui, dirasa lebih kecil, jika dibandingkan dengan yang biasa ditemui sebelumnya.

Bisa Memuat Banyak Penumpang

Kapal dengan desain Catamaran umumnya memiliki geladak yang cukup luas. Hal ini dikarenakan, kapal dengan desain ini memiliki 2 lambung, yang disatukan hingga menjadi sebuah geladak. Dengan geladak yang luas inilah, maka kapal dengan desain Catamaran berpotensi untuk memuat penumpang dalam jumlah banyak. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kapal Desain Catamaran

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, kapal dengan desain Catamaran juga memiliki kekurangannya sendiri. Dimana kekuarngan tersebut berkaitan dengan 2 lambung yang dimilikinya. Maka dari itu, sebelum menggunakan kapal dengan desain ini, ada ha-hal yang perlu Anda perhatikan mengenai kapal dengan desain Catamaran ini. Diantaranya :

Gangguan Pada Body Interference

Gangguan pada body interference ini meliputi:

  • Gangguan pada kecepatan aliran fluida 
  • Timbulnya aliran fluida di bawah lunas
  • Adanya perbedaan gelombang pada stern kapal, serta
  • Gangguan fluida pada tunnel side

Gangguan pada Wave Interface

Selain gangguan yang bisa terjadi pada badan kapal, adanya 2 lambung pada kapal dengan desain Catamaran ini bisa mengakibatkan sejumlah gangguan pada gelombang, yang meliputi :

  • Akibat dari adanya perubahan tekanan, maka wave making resistance pada kapal bisa saja berubah
  • Pertemuan antar gelombang pada masing-masing lambung, akan menghasilkan gelombang yang besar, serta
  • Pola gelombang yang berada di stern kapal bagian luar, serta yang berada di dalam tunel, bisa mengakibatkan berubahnya aliran gelombang secara keseluruhan

Demikian penjelasan mengenai kapal Catamaran ini. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan pengetahuan baru bagi Anda. Terutama mengenai keunggulan hingga hal-hal yang perlu diwaspadai, bilamana Anda menggunakan kapal dengan desain ini.

Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!
Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!
Desain kapal Catamaran kini banyak diadopsi oleh kapal Ferry hingga kapal roro. Hal ini dikarenakan, dengan model katamaran, memiliki stabilitas melin
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgoCm3rPSZ_CvVfUOEI-pCP1EKwdUCZ5eCNDn3HIl8RfkLmZ0c01NSCFUXKtg2nazup-Jk0igWT_tvGaTGkqVZ-oWbNB20hSDUapeDylAGxujcp46bSLgiC_I_jLURlw4cBqDPjNkrxRBbHk8lEd0ODCm7ArKonc8atZKCl1RQwU1gPtXkD90i5YI3TPQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgoCm3rPSZ_CvVfUOEI-pCP1EKwdUCZ5eCNDn3HIl8RfkLmZ0c01NSCFUXKtg2nazup-Jk0igWT_tvGaTGkqVZ-oWbNB20hSDUapeDylAGxujcp46bSLgiC_I_jLURlw4cBqDPjNkrxRBbHk8lEd0ODCm7ArKonc8atZKCl1RQwU1gPtXkD90i5YI3TPQ=s72-c
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/11/ini-dia-keunggulan-serta-kekurangan-kapal-catamaran.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/11/ini-dia-keunggulan-serta-kekurangan-kapal-catamaran.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi