Langsung ke konten utama

4 Faktor Pembentuk Kenapa Warna Pasir Pantai Bisa Berbeda-beda

LELUASA.com - Masih ingat ketika kamu berwisata ke pantai? Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan adalah bermain pasir. Hal-hal seperti membangun istana pasir, membuat bendungan air laut, atau bermain lempar pasir dapat menjadi pilihan selain bermain air laut. Lagipula banyak pantai yang melarang pengunjungnya untuk berenang di laut.

Saat bermain pasir, pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asalnya pasir pantai? Tidak mungkin juga pasir-pasir itu dibawa oleh truk pengangkut pasir. Selain itu, warna pasir di setiap pantai pun berbeda-beda. Bagaimana itu bisa terjadi?

Jawabannya cukup mudah, bisa kamu temukan di sekitar pantai tempat kamu berkunjung. Bumi terbentang begitu luas. Segala jawaban atas pertanyaan itu sudah terpampang, Cobalah untuk membayangkan proses yang terjadi di alam sekitarmu.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan warna pasir pantai.

Bebatuan di Sekitar Pantai

Pasir adalah material yang berasal dari proses penghancuran batu secara alami dengan waktu yang sangat lama. Tidak semua material batu yang terkikis kemudian menjadi pasir. Namun hanya bagian yang keras lah yang berubah menjadi pasir. Selebihnya larut bersama air.

Mungkin sebagian dari kamu berpikiran bahwa pasir serta merta mucul dari batu yang terhantam gelombang. Padahal tidak mutlak seperti itu. Batu berubah menjadi pasir lebih disebabkan adanya pelapukan selama ratusan hingga jutaan tahun.

Banyak hal yang menjadi faktor pelapukan ini. diantaranya seperti perubahan suhu yang drastis, cuaca yang berubah-ubah, tiupan angin yang kencang dan faktor alam lainnya.

Mudahnya, kamu dapat mengetahui asal muasal pasir di pantai dari bebatuan di sekitarmu seperti tebing dan bukit yang ada di sana. Seperti tebing yang secara terus menerus terhempas ombak, kemudian mengalami erosi atau pengikisan.

Serpihan-serpihannya terbawa ombak dan menumpuk di tepian pantai. Jadi, biasanya kalau warna perbukitan atau tebing di sekitar pantai berwana putih. Warna pasir pantainya pun biasanya juga berwarna putih.

Material yang Dibawa Sungai ke Muara

Air sungai mengalir dari hulu ke muara. Selama perjalanan menuju muara, pastinya air sungai akan melewati banyak bebatuan yang juga mengalami pelapukan sehingga kikisannya pun mengikuti aliran air sungai menuju muara.

Pengikisan ini biasanya dari gesekan antara arus sungai dengan batuan lainnya. Bisa juga disebabkan perubahan cuaca yang membuat bebatuan mudah lapuk dan hancur menjadi butiran-butiran kecil. Setelah sampai muara, butiran-butiran itu telah menjadi material yang sangat halus.

Proses ini berlangsung selama ribuan tahun dan sampai sekarang terus berlangsung. Coba bayangkan berapa ton material yang terbawa aliran air sungai hingga ke pantai. Sebagian material yang tidak larut oleh air akan mengendap bersama material lainnya di pantai.

Material yang Berasal dari Gunung Berapi

Ada yang heran bagaimana bisa lava gunung berapi bisa sampai di pantai. Padahal jaraknya dengan pantai tidak bisa dibilang dekat. Jawabannya ada pada sungai. Sungai lah yang membawa berbagai material vulkanik yang berada dekat sepanjang hulu hingga akhirnya bisa sampai pantai.

Ciri adanya material vulkanik yang berada di pantai dapat ditandai dengan adanya pasir hitam yang mengelilinginya. Material berupa bebatuan berwarna hitam tersebut merupakan lava gunung api yang mengalir ke laut kemudian mengeras.

Salah satu contohnya adalah Pantai Parangtritis. Pasir pantai yang ada di sana memiliki warna dominan hitam. Hal ini dipengaruhi oleh keberaan Gunung Merapi yang menghasilkan material vulkanik dalam jumlah besar. Bahkan aliran lavanya pernah mengalir hingga ke pantai selatan Yogyakarta.

Serpihan Bangkai Biota Laut

Keberadaan jutaan jenis biota laut yang beraneka jenis dan warnanya juga dapat menjadi faktor warna pasir pantai. Biota laut seperti ikan dan karang rupanya dapat menjadi material penyusun pasir pantai. Sebagaimana terumbu karang yang dapat terkikis oleh gelombang air laut.

Biota lainnya adalah hewan laut yang memiliki cangkang. Biasanya setelah mereka mati dan meninggalkan cangkangnya, dalam waktu yang cukup lama cangkang tersebut pecah dan menjadi material penyusun pasir di pantai.

Contohnya seperti Pantai Merah Muda di Lombok. Warna pantainya yang merah muda berasal dari campuran serpihan karang yang terkikis, cangkang kerang yang telah hancur dan cangkang hewan mikroskopis bernama Foraminifera yang memiliki cangkang berwarna merah cerah.

Bagaimana, sekarang sudah tau kan apa-apa saja faktor pembentuk kenapa pasir pantai warnanya bisa berbeda-beda. Semoga bermanfaat, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bot Like dan Komentar Instagram yang Cepat dan Mudah

Bagi Kamu yang memiliki instagram, namun dengan jumlah follower yang masih sedikit. Tentunya akan mempengaruhi jumlah like dan komentar pada setiap postingan Kamu. Namun, ternyata kini ada cara boot/boom like dan komentar instagram yang cepat dan mudah. Yang tentunya bisa Kamu praktekkan pada setiap postingan instagram Kamu. Ingin Tahu Cara Boot/Boom Like Dan Komentar Instagram Yang Cepat Dan Mudah ? Pernah gak sih, Kamu merasa heran dengan jumlah like dan komentar yang banyak di instagram teman Kamu ? Apa pernah Kamu bertanya-tanya, kok bisa ya, mendapatkan jumlah like dan komentar sebanyak itu ? Ya, bisa saja, tentunya jika teman Kamu melakukan cara-cara seperti di bawah ini. Diantaranya : 1.Memiliki Akun Instagram Aktif Cara boot/boom like dan komentar instagram yang mudah dan cepat tentunya dengan memiliki akun instagram dulu. Akun instagram yang dimaksud adalah akun yang aktif, dengan melakukan posting status secara rutin. Baik itu dengan memposting foto maupun video. 2. Membuka B

Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!

Kapal Catamaran, atau jika dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kapal Katamaran, adalah salah satu jenis kapal yang memiliki 2 buah lambung. Sekilas, kapal dengan jenis ini seolah-olah memiliki 2 badan kapal. Jika sebelumnya, desain kapal Katamaran ini banyak diadopsi oleh kapal cepat saja. Salah satunya adalah kapal Ferry. Namun kini, desain kapal dengan jenis Katamaran ini banyak digunakan juga pada konstruksi kapal lainnya. Seperti kapal niaga, kapal Roro, maupun kapal militer. Lalu apa saja keunggulan dari jenis kapal Katamaran ini? Yuk, ikuti informasi selengkapnya berikut ini! Keunggulan dari Desain Kapal Catamaran Bisa dibilang, kapal dengan 2 buah lambung (catamaran) merupakan salah satu jenis kapal yang bisa meminimalisir jumlah hambatan yang mungkin bisa ditemui kapal selama pelayaran. Bukan itu saja, kapal dengan desain ini juga banyak digunakan oleh beberapa jenis kapal, karena memang memiliki keunggulan-keunggulan. Jika dibandingkan dengan desain kapal lainnya. Keungg

Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!

Banyak langkah untuk menebar kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari mendoakan, membantu meringankan pekerjaan, memberikan jasa atau lapangan kerja, hingga berdonasi. Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapkan imbalan ataupun keuntungan apapun. Donasi sendiri bisa berwujud benda maupun uang. Jika benda biasanya adalah pakaian, buku, dan lainnya. Jika mendonasikan barang, donatur wajib memperhatikan kualitas dan jenis dari benda yang hendak didonasikan, jangan sampai kecolongan hendak mendonasikan pakaian yang tidak layak pakai atau buku yang memiliki  genre  bacaan tidak sesuai dengan penerima sumbangan. Langkah-langkah Pemilihan Platform Donasi Online Donasi yang dulunya dilakukan secara  offline  kini telah dimodernisasi oleh teknologi yakni donasi  online . Walaupun masih ada juga acara penggalangan secara  offline  namun, platform-platform yang mendukung  d