$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

4 Faktor Pembentuk Kenapa Warna Pasir Pantai Bisa Berbeda-beda

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan warna pasir pantai.
LELUASA.com - Masih ingat ketika kamu berwisata ke pantai? Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan adalah bermain pasir. Hal-hal seperti membangun istana pasir, membuat bendungan air laut, atau bermain lempar pasir dapat menjadi pilihan selain bermain air laut. Lagipula banyak pantai yang melarang pengunjungnya untuk berenang di laut.

Saat bermain pasir, pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asalnya pasir pantai? Tidak mungkin juga pasir-pasir itu dibawa oleh truk pengangkut pasir. Selain itu, warna pasir di setiap pantai pun berbeda-beda. Bagaimana itu bisa terjadi?

Jawabannya cukup mudah, bisa kamu temukan di sekitar pantai tempat kamu berkunjung. Bumi terbentang begitu luas. Segala jawaban atas pertanyaan itu sudah terpampang, Cobalah untuk membayangkan proses yang terjadi di alam sekitarmu.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan warna pasir pantai.

Bebatuan di Sekitar Pantai

Pasir adalah material yang berasal dari proses penghancuran batu secara alami dengan waktu yang sangat lama. Tidak semua material batu yang terkikis kemudian menjadi pasir. Namun hanya bagian yang keras lah yang berubah menjadi pasir. Selebihnya larut bersama air.

Mungkin sebagian dari kamu berpikiran bahwa pasir serta merta mucul dari batu yang terhantam gelombang. Padahal tidak mutlak seperti itu. Batu berubah menjadi pasir lebih disebabkan adanya pelapukan selama ratusan hingga jutaan tahun.

Banyak hal yang menjadi faktor pelapukan ini. diantaranya seperti perubahan suhu yang drastis, cuaca yang berubah-ubah, tiupan angin yang kencang dan faktor alam lainnya.

Mudahnya, kamu dapat mengetahui asal muasal pasir di pantai dari bebatuan di sekitarmu seperti tebing dan bukit yang ada di sana. Seperti tebing yang secara terus menerus terhempas ombak, kemudian mengalami erosi atau pengikisan.

Serpihan-serpihannya terbawa ombak dan menumpuk di tepian pantai. Jadi, biasanya kalau warna perbukitan atau tebing di sekitar pantai berwana putih. Warna pasir pantainya pun biasanya juga berwarna putih.

Material yang Dibawa Sungai ke Muara

Air sungai mengalir dari hulu ke muara. Selama perjalanan menuju muara, pastinya air sungai akan melewati banyak bebatuan yang juga mengalami pelapukan sehingga kikisannya pun mengikuti aliran air sungai menuju muara.

Pengikisan ini biasanya dari gesekan antara arus sungai dengan batuan lainnya. Bisa juga disebabkan perubahan cuaca yang membuat bebatuan mudah lapuk dan hancur menjadi butiran-butiran kecil. Setelah sampai muara, butiran-butiran itu telah menjadi material yang sangat halus.

Proses ini berlangsung selama ribuan tahun dan sampai sekarang terus berlangsung. Coba bayangkan berapa ton material yang terbawa aliran air sungai hingga ke pantai. Sebagian material yang tidak larut oleh air akan mengendap bersama material lainnya di pantai.

Material yang Berasal dari Gunung Berapi

Ada yang heran bagaimana bisa lava gunung berapi bisa sampai di pantai. Padahal jaraknya dengan pantai tidak bisa dibilang dekat. Jawabannya ada pada sungai. Sungai lah yang membawa berbagai material vulkanik yang berada dekat sepanjang hulu hingga akhirnya bisa sampai pantai.

Ciri adanya material vulkanik yang berada di pantai dapat ditandai dengan adanya pasir hitam yang mengelilinginya. Material berupa bebatuan berwarna hitam tersebut merupakan lava gunung api yang mengalir ke laut kemudian mengeras.

Salah satu contohnya adalah Pantai Parangtritis. Pasir pantai yang ada di sana memiliki warna dominan hitam. Hal ini dipengaruhi oleh keberaan Gunung Merapi yang menghasilkan material vulkanik dalam jumlah besar. Bahkan aliran lavanya pernah mengalir hingga ke pantai selatan Yogyakarta.

Serpihan Bangkai Biota Laut

Keberadaan jutaan jenis biota laut yang beraneka jenis dan warnanya juga dapat menjadi faktor warna pasir pantai. Biota laut seperti ikan dan karang rupanya dapat menjadi material penyusun pasir pantai. Sebagaimana terumbu karang yang dapat terkikis oleh gelombang air laut.

Biota lainnya adalah hewan laut yang memiliki cangkang. Biasanya setelah mereka mati dan meninggalkan cangkangnya, dalam waktu yang cukup lama cangkang tersebut pecah dan menjadi material penyusun pasir di pantai.

Contohnya seperti Pantai Merah Muda di Lombok. Warna pantainya yang merah muda berasal dari campuran serpihan karang yang terkikis, cangkang kerang yang telah hancur dan cangkang hewan mikroskopis bernama Foraminifera yang memiliki cangkang berwarna merah cerah.

Bagaimana, sekarang sudah tau kan apa-apa saja faktor pembentuk kenapa pasir pantai warnanya bisa berbeda-beda. Semoga bermanfaat, ya!
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: 4 Faktor Pembentuk Kenapa Warna Pasir Pantai Bisa Berbeda-beda
4 Faktor Pembentuk Kenapa Warna Pasir Pantai Bisa Berbeda-beda
Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan warna pasir pantai.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9eP87WbsssxRCYSULV-Zv4AdzKGcmTP_QnVExLH86gwDf7y-y4RhyphenhyphenEvMafu7cKUx96IEfvmCbqaTNtgs0v4x-ZTHTHAfqEeVZtIgNo0etvZ60jYCg5_V3DwtpOUgXkNrPeDDg2pb_S1kq/s320/pasir+di+pantai.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9eP87WbsssxRCYSULV-Zv4AdzKGcmTP_QnVExLH86gwDf7y-y4RhyphenhyphenEvMafu7cKUx96IEfvmCbqaTNtgs0v4x-ZTHTHAfqEeVZtIgNo0etvZ60jYCg5_V3DwtpOUgXkNrPeDDg2pb_S1kq/s72-c/pasir+di+pantai.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2020/05/4-faktor-pembentuk-kenapa-warna-pasir.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2020/05/4-faktor-pembentuk-kenapa-warna-pasir.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi