$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

5 Tips Sukses Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Terbaik!

Beberapa Tips Sukses Dalam Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Sebagai Berikut.
Tips Sukses Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Terbaik - Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini budidaya-budidaya banyak dilirik oleh masyarakat, mulai dari jenis tanaman sampai dengan hewan. Masyarakat percaya budidaya merupakan salah satu pilihan penghasilan masyarakat yang bisa diandalkan.

Budidaya bandeng air tawar adalah salah satu budidaya yang bisa di budidayakan masyarakat Indonesia. Budidaya ini sudah banyak yang digeluti baik pembudidayaan secara tradisional maupun dengan cara modern.

Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas ikan konsumi bagi masyarakat. Rasa yang lezat dan empuk menjadi salah satu primadona bagi penggeliat kuliner. Banyak sekali olahan yang bisa dilakukan dengan menggunakan ikan bandeng, semisal otak-otak khas gresik dan bandeng bakar.

Masyarakat indonesia khususnya warga gresik banyak sekali yang menggeluti budidaya ikan bandeng itu sendiri. Kebanyakan ikan bandeng yang dibudidayakan warga gresik adalah ikan bandeng jenis air tawar.

Memang untuk segi rasa bandeng air asin lebih enak dari pada bandeng air tawar, bandeng air tawar mempunyai rasa yang agak kurang gurih di banding dengan bandeng air asin dan kebanyakan orang berpendapat bandeng air tawar mempunyai bau tanah (pendapat sebagin masyarakat).

Orang tua saya di samping membudidayakan udang vaname juga membudidayakan ikan bandeng air tawar sebagai pilihan penghasilan keluarga. Untuk pembudidayaannya sendiri hampir sama dengan udang vaname.

Beberapa Tips Sukses Dalam Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Sebagai Berikut:

Perhatikan Media Tanah Yang Digunakan.

Tanah ini menjadi bagian yang penting jika anda menginginkan ikan bandeng dengan pertumbuhan yang cepat. Biasanya masyarakat gresik khususnya orang tua saya menggaru tanahnya terlebih dahulu sebelum pengisian air di tambak. Fungsinya supaya tanah menjadi gembus dan menghasilkan plankton-plankton yang menjadi makanan ikan bandeng usia 1 bulan.

Bibit Ikan Bandeng

Pilihlah bibit bandeng yang berkualitas agar pertumbuhan ikan bandeng pun lebih cepat biasanya masyarakat di daerah saya memesan bibit ikan bandeng langsung ke dinas perikanan atau orang yang membeli bibit ke dinas perikanan.

Pengaturan Air

Menurut saya pengaturan air adalah yang paling penting untuk membudidayakan ikan bandeng air tawar. Air harus diisi secara terus menerus supaya perkembangan ikan bandeng lebih cepat. Kita juga harus jelih melihat perubahan air yang ada. Dengan warna air yang diinginkan yaitu hijau kebiruan untuk di waktu padi dan siang, kemudian warna kecoklatan di waktu malam menandakan nafsu makan ikan bandeng pun baik. Biasaya ikan bandeng makan diwaktu malam.

Perhatikan Pakan

Pakan yang digunakan harus standar kualitas pakan ikan bandeng. Ada banyak pilihan pakan ikan bandeng yang bisa anda gunakan baik secara traditional maupun pakan pabrik. Anda juga harus tahu kondisi ikan bandeng tersebut. Jika nafsu ikan bandeng kurang baik berarti fokuskan pada cara merangsang nafsu ikan bandengnya. Logikanya pakan akan terbuang percuma jika nafsu makan ikan bandeng pun kurang baik. Biasanya pada masa ikan bandeng dengan usia 2 bulan pemberian pakan harus dilakukan secara terus-menerus.

Masa Panen Ikan

Biasanya harga ikan untuk daerah saya bisa mencakup 5 ribu rupiah sampai 15 ribu. Tergantung berat ikan bandeng itu sendiri juga kelangkaan ikan bandeng di masyarakat. Semakin langka semakin mahal harga ikan bandengnya. Anda bisa mendapatkan 10 s/d 20 juta dengan lahan 1 hektar dan banyak bibit bandeng sekitar 1 rean(ukuran jumlah bibit ikan).
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: 5 Tips Sukses Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Terbaik!
5 Tips Sukses Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Terbaik!
Beberapa Tips Sukses Dalam Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar Sebagai Berikut.
https://ilmubudidaya.com/wp-content/uploads/2018/04/mp-bandeng.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/01/5-tips-sukses-budidaya-ikan-bandeng-air.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/01/5-tips-sukses-budidaya-ikan-bandeng-air.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi