Langsung ke konten utama

Kerja Remote, Perusahaan Wajib Persiapkan Hal ini!

Kerja remote atau work from home mulai banyak diterapkan oleh perusahaan apalagi semenjak adanya pandemi.

Tidak ada pandemi pun, agaknya kerja remote menjadi hal yang wajib diperhitungkan perusahaan. Alasannya adalah mengakomodasi kebutuhan karyawan pada generasi tertentu dan meningkatkan fleksibilitas kerja agar perusahaan menjadi lebih lean.

Namun, apakah perusahaan Anda cukup untuk mempersiapkan budaya kerja yang semakin dinamis ini? Dilansir Deloitte, ternyata masih banyak perusahaan yang belum mempersiapkan perubahan budaya kerja seperti ini.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan perusahaan untuk menghadapi budaya kerja remote yang mungkin akan sepenuhnya digunakan di masa mendatang?

Mulai dari Rekrutmen

Pertama tentu perusahaan mampu mempersiapkan SDM yang memang mampu bekerja remote. Ya, tidak semua orang bisa bekerja jarak jauh atau remote.

Ada beberapa orang yang bekerja tidak produktif saat work from home, ada juga yang sulit membatasi diri saat work from home.

Pastikan Anda merekrut karyawan yang mampu beradaptasi dengan cara kerja remote. Karyawan juga diharapkan sudah beradaptasi dengan budaya kerja digital.

Bangun Kontrol Sistem Manajemen yang Baik

Langkah selanjutnya adalah perusahaan harus mampu membangun kontrol pada sistem manajemen HRD dengan cara membuat checklist dan flowchart.

Buatlah checklist yang harus dibutuhkan untuk memulai budaya kerja remote. Misalnya tools yang memadai, konsep benefit selama kerja remote, hingga penilaian karyawan.

Setelah itu Anda bisa membuat flowchart untuk menganalisis proses apa saja yang perlu dikembangkan, ditambahkan, atau bahkan dihilangkan saat memulai sistem kerja remote.

Membuat flowchart dan checklist juga membantu Anda melakukan audit pada sistem selama perusahaan menerapkan kerja remote. Apakah sistem yang diterapkan telah efektif atau butuh perbaikan.

Sederhana memang, namun membuat kontrol dengan dua metode tersebut adalah hal lumrah dan memiliki dampak besar bagi perusahaan.

Ciptakan Budaya Digital

Pada poin sebelumnya, memilih karyawan yang adaptif menjadi langkah pertama ketika ingin menerapkan sistem remote. Namun, bagaimana jika Anda terlanjur memiliki karyawan pada generasi tua atau yang sulit beradaptasi dengan pekerjaan remote?

Salah satu caranya adalah membangun budaya digital. Perusahaan yang sudah memiliki digital native akan cenderung mampu beradaptasi dengan anomali. Seperti krisis, perubahan sistem kerja, hingga ketatnya persaingan di era teknologi dan informasi.

Cara membangun budaya digital adalah dengan memanfaatkan teknologi pada setiap bagian kerjaan. Langkah kecil saja seperti berkirim file kerjaan atau menggunakan aplikasi kerja kolaboratif.

Jika karyawan mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan ke langkah yang lebih kompleks seperti penilaian 360 derajat melalui website dan melakukan absensi melalui aplikasi.

Setelah terbiasa dengan tools, langkah selanjutnya adalah dengan mencoba menerapkan kerja remote parsial. Ya, sekedar membiarkan karyawan bekerja di luar kantor pada hari tertentu hingga menyewa virtual office untuk divisi tertentu.

Pastikan Anda melakukan pembangunan budaya digital selama satu tahun. Dalam satu tahun, tiap tiga bulan Anda wajib melakukan evaluasi. Apa yang menjadi masalah dan perlu diperbaiki selama kerja remote.

Jika dirasa sudah efektif, barulah Anda bisa menerapkan kerja work from home atau remote pada karyawan.

Optimalkan Manajemen HRD dengan Tools Terbaik

Kerja remote merupakan pekerjaan rumah bagi HRD. Meski perusahaan sudah digital native, manajemen HRD tetap memerlukan sebuah tools untuk membantu mempermudah pekerjaan HR.

Banyak hal yang wajib diperhatikan misalnya bagaimana cara memenuhi kebutuhan karyawan selama kerja remote, memantau jam kerja karyawan, hingga bagaimana memberikan benefit kepada karyawan.Tanpa tools yang memadai, HR akan kesulitan mengatur karyawan yang bekerja remote.

Salah satu tools yang bisa diandalkan manajemen HRD adalah aplikasi absensi online. Dengan absensi online, perusahaan bukan hanya mengakomodasi absensi namun jauh lebih dari itu karyawan bisa mengajukan cuti, mengubah data pribadi, dan menerima slip gaji melalui aplikasi.

Lantas apa tools manajemen HRD terbaik yang bisa Anda pilih? Jawabannya adalah Talenta. Absensi karyawan di Talenta memiliki fitur lengkap sekaligus dapat diintegrasikan sebagai payroll calculator otomatis.

Konsultasikan masalah HR Anda dan cari tahu kelebihan Talenta dengan mengakses free demo-nya di sini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bot Like dan Komentar Instagram yang Cepat dan Mudah

Bagi Kamu yang memiliki instagram, namun dengan jumlah follower yang masih sedikit. Tentunya akan mempengaruhi jumlah like dan komentar pada setiap postingan Kamu. Namun, ternyata kini ada cara boot/boom like dan komentar instagram yang cepat dan mudah. Yang tentunya bisa Kamu praktekkan pada setiap postingan instagram Kamu. Ingin Tahu Cara Boot/Boom Like Dan Komentar Instagram Yang Cepat Dan Mudah ? Pernah gak sih, Kamu merasa heran dengan jumlah like dan komentar yang banyak di instagram teman Kamu ? Apa pernah Kamu bertanya-tanya, kok bisa ya, mendapatkan jumlah like dan komentar sebanyak itu ? Ya, bisa saja, tentunya jika teman Kamu melakukan cara-cara seperti di bawah ini. Diantaranya : 1.Memiliki Akun Instagram Aktif Cara boot/boom like dan komentar instagram yang mudah dan cepat tentunya dengan memiliki akun instagram dulu. Akun instagram yang dimaksud adalah akun yang aktif, dengan melakukan posting status secara rutin. Baik itu dengan memposting foto maupun video. 2. Membuka B

Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!

Kapal Catamaran, atau jika dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kapal Katamaran, adalah salah satu jenis kapal yang memiliki 2 buah lambung. Sekilas, kapal dengan jenis ini seolah-olah memiliki 2 badan kapal. Jika sebelumnya, desain kapal Katamaran ini banyak diadopsi oleh kapal cepat saja. Salah satunya adalah kapal Ferry. Namun kini, desain kapal dengan jenis Katamaran ini banyak digunakan juga pada konstruksi kapal lainnya. Seperti kapal niaga, kapal Roro, maupun kapal militer. Lalu apa saja keunggulan dari jenis kapal Katamaran ini? Yuk, ikuti informasi selengkapnya berikut ini! Keunggulan dari Desain Kapal Catamaran Bisa dibilang, kapal dengan 2 buah lambung (catamaran) merupakan salah satu jenis kapal yang bisa meminimalisir jumlah hambatan yang mungkin bisa ditemui kapal selama pelayaran. Bukan itu saja, kapal dengan desain ini juga banyak digunakan oleh beberapa jenis kapal, karena memang memiliki keunggulan-keunggulan. Jika dibandingkan dengan desain kapal lainnya. Keungg

Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!

Banyak langkah untuk menebar kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari mendoakan, membantu meringankan pekerjaan, memberikan jasa atau lapangan kerja, hingga berdonasi. Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapkan imbalan ataupun keuntungan apapun. Donasi sendiri bisa berwujud benda maupun uang. Jika benda biasanya adalah pakaian, buku, dan lainnya. Jika mendonasikan barang, donatur wajib memperhatikan kualitas dan jenis dari benda yang hendak didonasikan, jangan sampai kecolongan hendak mendonasikan pakaian yang tidak layak pakai atau buku yang memiliki  genre  bacaan tidak sesuai dengan penerima sumbangan. Langkah-langkah Pemilihan Platform Donasi Online Donasi yang dulunya dilakukan secara  offline  kini telah dimodernisasi oleh teknologi yakni donasi  online . Walaupun masih ada juga acara penggalangan secara  offline  namun, platform-platform yang mendukung  d