$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

2 Resep Ayam Betutu yang Wajib Kamu Coba Kelezatannya

Resep di bawah ini akan membantu kamu untuk menyiapkan hidangan berupa ayam betutu. Yuk, simak ulasannya!

LELUASA.com - Ayam betutu merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sangat digemari masyarakat. Dinamakan betutu karena masakan ini terbuat dari ayam atau bebek utuh yang diberi bumbu dan dipanggang di atas api sekam.

Masakan ayam betutu berasal dari Bali, tepatnya Gilimanuk. Biasanya, ayam betutu digunakan untuk sesajen pada upacara keagamaan atau adat. Ada juga yang menjual ayam betutu untuk khalayak umum, seperti di restoran atau hotel.

Rasa masakan ayam betutu tidak kalah lezatnya dibandingkan ayam rica-rica dan jenis masakan ayam lainnya. Jika ingin menikmati kelezatan masakan ayam betutu, tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali.

Resep di bawah ini akan membantu kamu untuk menyiapkan hidangan berupa ayam betutu. Yuk, simak ulasannya!

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Mari membuat ayam betutu khas Gilimanuk. Terlebih dahulu, siapkan bahan-bahan berupa minyak sayur, daun singkong, ayam muda, daun pisang, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan biji pala.

Tambahkan rempah-rempah lainnya, yaitu serai, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, garam, gula pasir, dan daun jeruk nipis.

Sekarang, mulailah dengan merebus daun singkong sampai empuk. Lalu, tiriskan, peras dan iris halus-halus.

Kedua, buatlah bumbu halus dari cabe rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, serai dimemarkan, lengkuas, jahe, kencur, dan kunyit. Taburkan garam dan gula secukupnya dan sisihkan.

Langkah selanjutnya, yakni tumis bumbu halus sampai baunya harum. Kemudian, ambil separuh dari bumbu halus dan lumuri ke seluruh bagian tubuh ayam hingga merata.

Sisa bumbu setengahnya lagi digunakan untuk melumuri daun singkong yang sudah diiris tadi. Berikutnya, masukan daun singkong ke dalam rongga perut ayam dan jahit perutnya.

Kaki ayam diikat dengan memakai benang katun. Setelah itu bungkuslah ayam menggunakan daun pisang dan letakan dalam pinggan anti panas.

Kukus ayam selama 40 menit. Sesudah 40 menit, angkat ayam dan panggang di oven panas dengan suhu 170o C kurang lebih selama 2,5 jam.

Kalau ayam sudah terlihat kering dan matang, segera angkat dan sajikan.

Sebenarnya, ayam betutu dipanggang dengan menggunakan api sekam. Tapi, jika di rumahmu tidak ada fasilitas tersebut, pakai oven tidak masalah. Yang penting ayam bisa terpanggang sempurna.

Ok, guys! Selamat mencoba resep ini.

Ayam Betutu Berkuah

Ingin ayam betutu berkuah? Tentu saja bisa dengan mengikuti resep di bawah ini.

Kamu harus menyiapkan bahan-bahan berupa ayam kampong, bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, terasi, ketumbar, merica, pala, dan daun jeruk.

Berikan rempah-rempah tambahan, yaitu lengkuas, kencur, jahe, kunyit (dibakar), asam jawa, serai, cabe merah potong, garam, gula, dan air.

Pertama kali, kamu harus menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, trasi, ketumbar, merica, pala, kencur, jahe, kunyit (dibakar), asam jawa, garam, dan gula secukupnya.

Kemudian, kamu potong ayam menjadi 1/4 bagian dan baluri seluruhnya dengan bumbu halus. Diamkan ayam hingga beberapa saat. Setelah itu, ungkep ayam sampai berubah warna dan tercium aroma sedap.

Tambahkan air sedikit lagi. Masaklah dengan memakai api sedang hingga ayam empuk dan semua bumbu melesap ke dalam ayam. Kamu bisa memakai panci presto untuk mempercepat proses empuknya ayam.

Masukan cabe rawit setelah ayam empuk dan masak kembali selama beberapa menit. Kira-kira sampai cabe matang.

Angkat ayam beserta airnya dan sajikan dalam mangkuk atau piring. Rasa ayam betutu berkuah tidak kalah lezat dengan rasa ayam betutu sebelumnya.

Semoga artikel ini bermanfaat!
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: 2 Resep Ayam Betutu yang Wajib Kamu Coba Kelezatannya
2 Resep Ayam Betutu yang Wajib Kamu Coba Kelezatannya
Resep di bawah ini akan membantu kamu untuk menyiapkan hidangan berupa ayam betutu. Yuk, simak ulasannya!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyq8RxFu5cVrn03ZAZyCP4JrkeHzKQp3VxJ_xgd0W8lrzt90eWK9127GmJhVvxMyKjS0cvtFxK1JJrahmJSU3s9slm7Ga196yrARIHPcW2a_FzoXba2v_oAPxNrWsSW2UK6F6E94JuMRgN/s1600/20191204_164836.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyq8RxFu5cVrn03ZAZyCP4JrkeHzKQp3VxJ_xgd0W8lrzt90eWK9127GmJhVvxMyKjS0cvtFxK1JJrahmJSU3s9slm7Ga196yrARIHPcW2a_FzoXba2v_oAPxNrWsSW2UK6F6E94JuMRgN/s72-c/20191204_164836.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2020/05/2-resep-ayam-betutu-yang-wajib-kamu.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2020/05/2-resep-ayam-betutu-yang-wajib-kamu.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi