$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Mengenal Beberapa Jenis Tes COVID-19 di Indonesia

Berbicara mengenai tes, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis tes COVID-19 yang dilakukan guna mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak, yaitu TCM, PCR, dan rapid test.
LELUASA.com - Virus Corona atau biasa disebut juga dengan nama Virus COVID-19 menjadi momok yang menakutkan bagi orang-orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, virus ini sangat berbahaya dan juga penularannya sangat mudah, sehingga cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Baca juga: Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Saat artikel ini ditulis tepatnya pada tanggal 21 Mei 2020 sudah ada lebih dari 19 ribu orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia dan total 5 juta lebih kasus positif corona di seluruh dunia.

Ini merupakan angka yang sangat fantastis, membuat kita harus lebih berhati-hati lagi dan terus mengikuti anjuran dari pemerintah, seperti tidak keluar rumah, menjaga kebersihan diri, tidak mudik atau bepergian, dan berbagai himbauan protokol kesehatan dari pemerintah lainnya.

Luasnya penyebaran Virus Corona atau Virus COVID-19 ini memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan manusia dari berbagai aspek, mulai dari aspek ekonomi, sosial, hingga budaya semuanya merasakan dampak dari wabah Virus COVID-19 ini.

Beberapa Jenis Tes COVID-19 di Indonesia

Tes COVID-19 di Indonesia
Jenis Tes COVID-19 di Indonesia
Tak bisa dipungkri, perasaan was-was tentunya menghampiri diri kita, membuat kita khawatir akan tertular virus berbahaya satu ini. Penularannya yang cepat dan mudah membuat kita harus lebih waspada untuk selalu memperhatikan kesehatan diri.

Maka dari itu, penting bagi kita semuanya untuk mengetahui apa-apa saja gejala dari virus ini. Jika kita sudah mengetahui apa saja gejalanya dan ketika tubuh kita merasakan beberapa gejalanya bisa langsung menghubungi dokter dan memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Buat kamu yang penasaran, berikut adalah beberapa gejala ringan dari virus corona ini:
  • Merasa badan tidak enak.
  • Hidung mulai mengeluarkan ingus.
  • Merasakan sakit di area kepala.
  • Batuk.
  • Tenggorokan sakit.
  • Demam.
Selain itu, virus ini juga memiliki gejala yang cukup parah yang bisa menimbulkan penyakit bronkitis dan pneumonia, berikut adalah gejalanya:
  • Demam yang cukup tinggi (pada pasien mengidap pneumonia).
  • Batuk  berlendir.
  • Napas sesak.
  • Nyeri dada atau sesak ketika bernapas dan batuk.
Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja gejala dari virus corona ini. Dengan mengetahui berbagai gejalanya bisa membuat kita lebih waspada dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk melakukan tes lebih lanjut.

Berbicara mengenai tes, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis tes COVID-19 yang dilakukan guna mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak, yaitu TCM, PCR, dan rapid test.
  • TCM kepanjangan dari Tes Cepat Molekuler adalah salah satu metode tes COVID-19 yang memakai dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Untuk mengetahu hasil tes menggunakan metode ini bisa dibilang cukup cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 2 jam saja.
  • Selanjutnya ada tes PCR atau Polymerase Chain Reaction, tes jenis ini menggunakan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan untuk mendeteksi ada atau tidaknya COVID-19 di dalam tubuh seseorang. Kenapa hidung atau tenggorokan yang dipilih? Karena 2 lokasi ini menjadi tempat virus corona akan memperbanyak dirinya.
  • Dan yang terakhir ada Rapid Test. Berbeda dengan dua jenis tes pemeriksaan COVID-19 di atas, rapid test memakai sampel darah untuk mendeteksi ada atau tidaknya imunoglobin, yaitu antibodi yang muncul ketika tubuh kita terinfeksi virus corona. Keunggulan dari rapid test adalah bisa dilakukan di mana saja dan untuk mendapatkan hasilnya juga membutuhkan waktu yang singkat, sekitar 15-20 menit saja.
Nah bagaimana, sekarang udah tau kan apa-apa saja jenis tes COVID-19 yang ada di Indonesia? Perlu kamu ketahui, karena keterbatasan alat di rumah sakit, untuk melakukan tes di atas tidak boleh sembarangan orang yang melakukannya. 

Harus benar-benar orang yang membutuhkan pemeriksaan, seperti ODP, orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien, para petugas medis, dan orang-orang yang berisiko tinggi terpapar COVID-19 lainnya.

Namun jika kamu merasa memiliki gejala-gejala COVID-19 dan kesulitan mencari cara untuk melakukan tes, kamu bisa mencoba layanan rapid test dari Halodoc. Halodoc sebagai salah satu platform penyedia layanan kesehatan online terbaik kini telah menyediakan layanan rapid test bagi kamu yang berdomisili di Jabodetabek.

Dengan adanya layanan rapid test dari Halodoc ini diharapkan bisa menekan laju peningkatan penyebaran COVID-19 di negara kita. Buat kamu yang pengin menggunakan layanan ini bisa langsung saja mengunduh atau mengunjungi website resmi dari Halodoc.

Demikianlah tulisan kami kali ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada teman-teman semua yang membacanya.
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Mengenal Beberapa Jenis Tes COVID-19 di Indonesia
Mengenal Beberapa Jenis Tes COVID-19 di Indonesia
Berbicara mengenai tes, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis tes COVID-19 yang dilakukan guna mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak, yaitu TCM, PCR, dan rapid test.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9aArh7w6rhprR7YSxRlG3Taei_3_-l8Id6DB4_Ej8vd4PrH5viv4OXsjctmqJgxAxtaVzW3ffDrUod8YPzaRxoxl4c5cAgEaBGe__9rPMjYT3pd7AY3fxwe-EtMcaO48Hs67bdc34qGMI/s1600/covid+19.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9aArh7w6rhprR7YSxRlG3Taei_3_-l8Id6DB4_Ej8vd4PrH5viv4OXsjctmqJgxAxtaVzW3ffDrUod8YPzaRxoxl4c5cAgEaBGe__9rPMjYT3pd7AY3fxwe-EtMcaO48Hs67bdc34qGMI/s72-c/covid+19.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2020/05/mengenal-beberapa-jenis-tes-covid-19-di.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2020/05/mengenal-beberapa-jenis-tes-covid-19-di.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi