Langsung ke konten utama

5 Tips Agar Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas


LELUASA.com - Banyak dari teman-teman saya yang mengeluhkan hal yang sama, mereka bilang bahwa sering merasa mengantuk di waktu siang hari padahal jam tidur yang dilewati semalam sudah sangat optimal. Hal inilah menandakan bahwa tidur yang berkualitas tidak paralel dengan panjangnya waktu tidur.

Namun, tidur yang berkualitas ditentukan oleh seberapa dalam level tidur kita dan seberapa segar rasa badan kita setelah bangun dari tidur tersebut. Bahkan dibeberapa kasus ditemukan bahwa masalah kurangnya kualitas tidur disebabkan oleh terlalu panjangnya waktu tidur yang dilalui.

Hal ini menyebabkan seseorang yang rasa kantuknya belum optimal memaksakan diri untuk tidur lebih awal, yang mana akan berujung pada kurang dalamnya level tidur orang tersebut dan membuatnya masih merasa mengantuk walaupun sudah terbangun dari tidurnya. Berikut 5 tips agar anda dapat merasakan tidur dengan kualitas yang baik:

Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara teratur dan pilih jam olahraga yang mendekati waktu tidur malam anda. Berjalan santai malam atau melakukan lari diatas treadmill selama 15 menit akan meningkatkan kadar endorfin didalam tubuh anda. Kadar endorfin yang tinggi akan merangsang saraf parasimpatis dan menghadirkan kondisi nyaman beristirahat bagi tubuh.

Mengatur Suhu Ruangan Tempat Tidur

Pernahkah anda terbangun di tengah malam karena suhu ruangan terlalu panas atau bahkan suhu ruangan terlalu dingin, jawabannya pasti pernah. Maka untuk tidur berkualitas suhu yang diperlukan tidak boleh terlalu tinggi atau juga terlalu rendah. Berdasarkan penelitian terakhir suhu ruangan sebaiknya di set pada angka 21-25 derajat Celcius.

Menjauhkan Gadget dan Alat Elektronik

Jauhkan atau matikan semua barang elektronik yang mengandung gelombang yang tanpa disadari akan membuat gangguan pada proses tidur yang akan anda jalani. Beberapa gelombang yang dihasilkan oleh alat seperti TV, Laptop dan layar HP dapat mempengaruhi otak anda menjadi lebih aktif.

Menjauhi Kopi Karena Mengandung Kafein Sebelum Tidur

Untuk tidur yang optimal jauhkan diri anda dari mengkonsumsi zat ini, karena kafein dapat memicu saraf simpatis dan akan membuat anda siap untuk beraksi dan bukan siap untuk beristirahat. Jika bicara kafein pasti anda hanya memikirkan jauhi kopi, namun sebenarnya selain kopi maka coklat dan teh juga mengandung zat ini walupun dengan kadar yang lebih sedikit.

Dan jangan lupa, berdoa

Lakukan dengan sungguh-sungguh maka berdoa akan membuat anda bersikap tenang, tanpa disadari saat berdoa dengan seksama akan membuat otak dan badan anda lebih tenang untuk menjalani fase tidur yang akan anda lewati.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga artikel yang kami kali ini yang berjudul 5 Tips Agar Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas, bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang membacanya. Jika temen-temen semua merasa tulisan kali ini bermanfaat, semoga bisa membagikannya lewat tombol share di bawah ini!

Postingan populer dari blog ini

Cara Bot Like dan Komentar Instagram yang Cepat dan Mudah

Bagi Kamu yang memiliki instagram, namun dengan jumlah follower yang masih sedikit. Tentunya akan mempengaruhi jumlah like dan komentar pada setiap postingan Kamu. Namun, ternyata kini ada cara boot/boom like dan komentar instagram yang cepat dan mudah. Yang tentunya bisa Kamu praktekkan pada setiap postingan instagram Kamu. Ingin Tahu Cara Boot/Boom Like Dan Komentar Instagram Yang Cepat Dan Mudah ? Pernah gak sih, Kamu merasa heran dengan jumlah like dan komentar yang banyak di instagram teman Kamu ? Apa pernah Kamu bertanya-tanya, kok bisa ya, mendapatkan jumlah like dan komentar sebanyak itu ? Ya, bisa saja, tentunya jika teman Kamu melakukan cara-cara seperti di bawah ini. Diantaranya : 1.Memiliki Akun Instagram Aktif Cara boot/boom like dan komentar instagram yang mudah dan cepat tentunya dengan memiliki akun instagram dulu. Akun instagram yang dimaksud adalah akun yang aktif, dengan melakukan posting status secara rutin. Baik itu dengan memposting foto maupun video. 2. Membuka B

Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!

Kapal Catamaran, atau jika dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kapal Katamaran, adalah salah satu jenis kapal yang memiliki 2 buah lambung. Sekilas, kapal dengan jenis ini seolah-olah memiliki 2 badan kapal. Jika sebelumnya, desain kapal Katamaran ini banyak diadopsi oleh kapal cepat saja. Salah satunya adalah kapal Ferry. Namun kini, desain kapal dengan jenis Katamaran ini banyak digunakan juga pada konstruksi kapal lainnya. Seperti kapal niaga, kapal Roro, maupun kapal militer. Lalu apa saja keunggulan dari jenis kapal Katamaran ini? Yuk, ikuti informasi selengkapnya berikut ini! Keunggulan dari Desain Kapal Catamaran Bisa dibilang, kapal dengan 2 buah lambung (catamaran) merupakan salah satu jenis kapal yang bisa meminimalisir jumlah hambatan yang mungkin bisa ditemui kapal selama pelayaran. Bukan itu saja, kapal dengan desain ini juga banyak digunakan oleh beberapa jenis kapal, karena memang memiliki keunggulan-keunggulan. Jika dibandingkan dengan desain kapal lainnya. Keungg

Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!

Banyak langkah untuk menebar kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari mendoakan, membantu meringankan pekerjaan, memberikan jasa atau lapangan kerja, hingga berdonasi. Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapkan imbalan ataupun keuntungan apapun. Donasi sendiri bisa berwujud benda maupun uang. Jika benda biasanya adalah pakaian, buku, dan lainnya. Jika mendonasikan barang, donatur wajib memperhatikan kualitas dan jenis dari benda yang hendak didonasikan, jangan sampai kecolongan hendak mendonasikan pakaian yang tidak layak pakai atau buku yang memiliki  genre  bacaan tidak sesuai dengan penerima sumbangan. Langkah-langkah Pemilihan Platform Donasi Online Donasi yang dulunya dilakukan secara  offline  kini telah dimodernisasi oleh teknologi yakni donasi  online . Walaupun masih ada juga acara penggalangan secara  offline  namun, platform-platform yang mendukung  d