$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!

Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapk

Banyak langkah untuk menebar kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari mendoakan, membantu meringankan pekerjaan, memberikan jasa atau lapangan kerja, hingga berdonasi.

Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapkan imbalan ataupun keuntungan apapun. Donasi sendiri bisa berwujud benda maupun uang. Jika benda biasanya adalah pakaian, buku, dan lainnya.

Jika mendonasikan barang, donatur wajib memperhatikan kualitas dan jenis dari benda yang hendak didonasikan, jangan sampai kecolongan hendak mendonasikan pakaian yang tidak layak pakai atau buku yang memiliki genre bacaan tidak sesuai dengan penerima sumbangan.

Langkah-langkah Pemilihan Platform Donasi Online

Donasi yang dulunya dilakukan secara offline kini telah dimodernisasi oleh teknologi yakni donasi online. Walaupun masih ada juga acara penggalangan secara offline namun, platform-platform yang mendukung donasi online juga tidak sedikit guna mempermudah masyarakat di masa kini.

Dalam pemilihan platform donasi online tentunya diperlukan ketelitian untuk mencari tahu apakah platform penggalangan dana tersebut bisa dipercaya atau tidak. Tidak sedikit banyak kasus-kasus penipuan yang mengatasnamakan kebaikan namun berkedok penipuan.

Biasanya oknum-oknum yang memakai trick  ini melihat bahwa orang-orang akan lebih mudah tersentuh untuk mengeluarkan uangnya jika melihat sesuatu yang emosional dan hendak segera membantu dengan melakukan donasi online. Untuk menghindari oknum-oknum penipuan, sebelum melakukan donasi perhatikan beberapa tips di bawah ini:

Memastikan platform donasi legal

Tips pertama ini adalah langkah awal sebelum Anda memilih platform berdonasi online yang tepat sebagai wadah penyalur kebaikan Anda. Anda harus mengecek legalitas dan status hukum dari lembaga tersebut.

Anda bisa melihat legalitas tersebut melalui website dari platform donasi tersebut, sebab kegiatan pengumpulan donasi secara online telah diatur oleh peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Izin Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang dengan Sistem online.

Jika sudah memastikan bahwa platform donasi telah legal secara hukum, maka Anda selaku donatur tidak perlu khawatir lagi mengenai uang Anda akan dialirkan kemana, sebab sudah ada jaminan bahwa lembaga donasi dibawah payung hukum.

Melihat jejak rekam dan latar belakangnya

Langkah selanjutnya adalah melihat kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh lembaga donasi tersebut dari dana yang telah dikumpulkan oleh para donatur sebelumnya.

Anda bisa melihat apakah dana yang terkumpul selalu disalurkan dengan misi dari kegiatan tersebut atau malah dana tidak pernah disalurkan dalam bentuk apapun?

Anda bisa melihat hal tersebut melalui publikasi-publikasi yang diunggah oleh lembaga pada laman media sosial ataupun website utama mereka dengan melihat pula testimoni dari donatur dan target donasi.

Testimoni dianggap alat ukur yang kuat dari sebuah organisasi sosial untuk mengukur reliabilitas mereka, sebab donatur dan target donasi akan memberikan kepuasan mereka pasca melakukan penggalangan dana online ataupun menerima dana tersebut.

Pilihlah platform donasi yang transparan

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memastikan apakah lembaga maupun organisasi sosial terkait sangat transparan mengenai alur keluar-masuk dana dari donasi yang dikumpulkan.

Umumnya, lembaga telah memiliki laporan penggunaan dana yang disusun secara detail dan diperbarui secara berkala pada laman utama mereka. Oleh karena itu untuk melihatnya, Anda bisa mengunjungi website utama atau laman official lainnya, pastikan laporan penggunaan dana adalah laporan terbaru dari kegiatan penyaluran dana.

Anda harus sangat memperhatikan transparansi dari donasi yang telah dikumpulkan oleh lembaga, sebab hal tersebut merupakan bentuk kredibilitas mereka kepada para donatur. Selain itu, laporan penggunaan data juga berguna untuk menarik donatur lainnya dan menjadi bukti kuat bahwa donasi yang terkumpul tidak dialokasikan ke hal-hal yang bukan menjadi tujuan penggalangan donasi.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika hendak memiliki platform donasi online. Sebagai referensi, Anda bisa memilih platform donasi online bernama Ayobantu.com. Ayobantu.com merupakan salah satu platform donasi online di Indonesia yang aman dan terpercaya.

Di Ayobantu, informasi mengenai penerimaan dan penyaluran dana dilaporkan secara real time dan transparan. Setiap donatur dapat menerima notifikasi setelah berdonasi secara langsung melalui Whatsapp serta dapat mengakses laporan dana yang terkumpul di laman website resmi www.ayobantu.com. Selain itu, Ayobantu.com juga telah tercatat resmi di Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Sejak 2020, di mana tahun tersebut tahun berdirinya Ayobantu. Lembaga ini telah berhasil mengumpulkan donasi dari 24 ribu lebih donatur.

Ayobantu mengemas dan memfasilitasi kegiatan penggalangan dana dalam bentuk event/campaign activation yang menarik. Sampai saat ini, total campaign yang telah dilakukan mencapai 516 campaign. Segera mulai langkah baik Anda dari sekarang, kunjungi website Ayobantu.com!

Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!
Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!
Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9KkWMXwWQaMNbi1qtxhrMvKr2KNNuR-nZ5oYEhDJQdVAteKzrz-U9X0DGSazYpaN70NEbVeRDhl3EeoJKw7hEWf1Bjsv3vpv-lVMGq6f2pROLSy2tLu50Zo4Kqq-G0lVRiFgQUUCIoPb_b-LwXgwsRzMQoWuI9M3oskRDnzzVQrT1sSQd9PPxhFH-TA/s320/Platform%20Donasi%20Online.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9KkWMXwWQaMNbi1qtxhrMvKr2KNNuR-nZ5oYEhDJQdVAteKzrz-U9X0DGSazYpaN70NEbVeRDhl3EeoJKw7hEWf1Bjsv3vpv-lVMGq6f2pROLSy2tLu50Zo4Kqq-G0lVRiFgQUUCIoPb_b-LwXgwsRzMQoWuI9M3oskRDnzzVQrT1sSQd9PPxhFH-TA/s72-c/Platform%20Donasi%20Online.jpeg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2022/10/tips-memilih-platform-donasi-online.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2022/10/tips-memilih-platform-donasi-online.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi