$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Donasi Digital, Cara Baru Beramal Meski Tak Saling Kenal

Dengan platform donasi digital, kita tentu dapat turut membantu saudara-saudara yang membutuhkan, di manapun mereka berada. Selain cepat dan mudah, do
Perkembangan teknologi digital yang semakin maju turut mempengaruhi berbagai lini kehidupan. Salah satu di antaranya yaitu hadirnya platform donasi yang memudahkan masyarakat untuk beramal, meskipun tak saling kenal.

Dengan platform donasi digital, kita tentu dapat turut membantu saudara-saudara yang membutuhkan, di manapun mereka berada. Selain cepat dan mudah, donasi digital juga dapat menjangkau target yang lebih luas. Namun, kita harus tetap berhati-hati ketika hendak menyalurkan donasi melalui platform donasi online untuk mencegah adanya penipuan berkedok kebaikan.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Melakukan Donasi Digital?

Maraknya platform donasi online yang tersebar di internet membuat banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut. Mereka seolah-olah menjadi pahlawan dengan membagikan informasi donasi, padahal hanya berniat melakukan penipuan. Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum berdonasi secara online.

1. Memperhatikan nama domain

Pertama, pastikan bahwa alamat domain yang digunakan oleh platform tersebut adalah domain resmi, bukan domain yang ‘gratisan’. Umumnya, website resmi menggunakan domain yang berbayar seperti ‘.id’, ‘.com’. Untuk keamanan, sebaiknya hindari domain dengan akhiran ‘.xyz’.

2. Memastikan keamanan website

Secara umum, situs resmi yang digunakan untuk donasi akan menjaga keamanan privasi dari para klien atau pengunjungnya. Salah satu ciri situs yang benar-benar mendukung privasi dapat dilihat dari awalan domain berupa “https”.

3. Memeriksa rekening tujuan

Salah satu hal yang sangat penting yakni mengecek rekening tujuan dana yang akan disalurkan. Situs resmi akan menggunakan rekening khusus milik perusahaan atau lembaga terkait, bukan menggunakan data dan alamat pribadi.

4. Memperhatikan sistem pembayaran

Platform donasi digital biasanya akan menggunakan media transfer yang sifatnya resmi. Jika ditemukan fitur pembayaran yang sekiranya meragukan, maka hal itu patut dicurigai. Kemungkinan, hal itu adalah sebuah website phising yang dapat merekam identitas dari akun login bank kita.

Jenis Donasi Digital yang Bisa Dilakukan

Apa saja jenis donasi yang dapat kita lakukan secara digital? Apakah sama seperti ketika berdonasi secara konvensional? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis donasi digital yang bisa kita salurkan.

1. Bencana

Pertama adalah jenis donasi bencana. Donasi ini biasanya dilakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang diterpa oleh musibah, seperti banjir, erupsi gunung berapi, dan lain sebagainya.

2. Sosial

Berikutnya adalah donasi sosial. Donasi ini biasa dilakukan untuk membantu saudara-saudara yang benar-benar membutuhkan bantuan, seperti air bersih, pakaian layak pakai, dan makanan bergizi.

3. Pendidikan

Seperti yang kita tahu, pendidikan di Indonesia belum benar-benar merata. Ada banyak saudara kita yang membutuhkan bantuan dana agar bisa mengenyam pendidikan yang layak. Dengan begitu, donasi pendidikan sangatlah dibutuhkan.

4. Kesehatan

Jenis donasi selanjutnya adalah kesehatan. Banyak saudara kita yang menderita sakit namun terhalang biaya untuk berobat. Dengan begitu, masih banyak orang yang membutuhkan bantuan kita.

5. Olahraga

Sebenarnya Indonesia mampu menciptakan banyak atlet berbakat dalam hampir semua bidang olahraga. Hanya saja, masih ada beberapa dari mereka yang hidupnya tidak bisa sejahtera hingga lanjut usia.

6. Kerohanian

Dengan berdonasi kerohanian seperti wakaf Al-Qur’an, hingga penyaluran guru spiritual di tempat-tempat yang diperlukan, kita sudah bisa membantu sesama yang membutuhkan.

7. Kebudayaan

Kebudayaan asli Indonesia dapat dikatakan sudah mulai tergerus oleh zaman yang semakin maju. Nah, salah satu cara untuk tetap mempertahankannya adalah dengan mendonasikan dana untuk turut melestarikan kebudayaan Indonesia.

8. Lingkungan hidup

Ada banyak lingkungan hidup yang mulai rusak karena pembangunan yang dilakukan pihak terkait. Namun, adanya kerusakan lingkungan hidup tersebut dapat kita lestarikan kembali dengan melakukan penggalangan dana.

Nah, setelah membaca dan memahami beberapa informasi di atas, apakah hati sudah mulai tergerak untuk berdonasi secara online? Jika sudah, maka kalian bisa langsung mengunjungi website Ayobantu.

Apa Itu Platform Ayobantu?

Ayobantu merupakan platform donasi digital di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2020. Tujuan didirikannya platform donasi online ini yaitu menjembatani penggalangan dana sosial yang dilakukan oleh komunitas, program sosial masyarakat, korporat, dan inisiator.

Dalam perkembangannya, Ayobantu selalu mencari cara agar proses donasi bisa dilakukan dengan mudah dan bisa diakses dengan beragam cara sesuai dengan perkembangan teknologi. Beberapa layanan yang disediakan Ayobantu adalah sebagai berikut.

1. Variasi campaign

Merupakan layanan untuk mengajak setiap individu, korporat, atau komunitas dengan metode yang unik, seperti event-event khusus.

2. Lelang donasi

Merupakan layanan yang mengakomodasi kegiatan lelang dengan tujuan untuk beramal. Jenis barang yang bisa dilelang pun juga cukup beragam, seperti barang fisik hingga aset digital.

3. Metode pembayaran beragam

Tersedia beragam metode pembayaran yang bisa dipilih, seperti transfer antar bank, dompet digital, hingga aset kripto.

Cara Donasi Digital di Platform AyoBantu

Berikut ini cara melakukan donasi online di platform Ayobantu.
  • Kunjungi situs resmi Ayobantu.com melalui PC ataupun HP.
  • Pilih salah satu Jenis Campaign/Penggalangan yang akan didukung.
  • Klik pada tombol “Donasi Sekarang”, lalu masukkan nominal donasi.
  • Pilih salah satu metode pembayaran yang akan digunakan.
  • Donatur akan mendapatkan laporan transaksi via WhatsApp/notifikasi di laman Ayobantu secara real time.
Nama

Artikel,105,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,10,
ltr
item
LELUASA.com: Donasi Digital, Cara Baru Beramal Meski Tak Saling Kenal
Donasi Digital, Cara Baru Beramal Meski Tak Saling Kenal
Dengan platform donasi digital, kita tentu dapat turut membantu saudara-saudara yang membutuhkan, di manapun mereka berada. Selain cepat dan mudah, do
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhz7aPsYpSJWO_6-NL0v0HVnq2o5MVjmbeinGW-LjecEy6pndU5QT3knpLoyizdsEakFRf9x8gcxcAgVmdhIBq2llIy19sHcv6o98WdPfcstkOZJeNQCyHM6di1fKAO_cX6F73MJdQ7wRuAG2xMcoOrOZauCj51oJ7NNMNtCQCTAh-pO8i9yfTwkucEkA/s320/donasi%20digital.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhz7aPsYpSJWO_6-NL0v0HVnq2o5MVjmbeinGW-LjecEy6pndU5QT3knpLoyizdsEakFRf9x8gcxcAgVmdhIBq2llIy19sHcv6o98WdPfcstkOZJeNQCyHM6di1fKAO_cX6F73MJdQ7wRuAG2xMcoOrOZauCj51oJ7NNMNtCQCTAh-pO8i9yfTwkucEkA/s72-c/donasi%20digital.png
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2022/08/donasi-digital-cara-baru-beramal-meski.html
https://www.leluasa.com/
https://www.leluasa.com/
https://www.leluasa.com/2022/08/donasi-digital-cara-baru-beramal-meski.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi