Langsung ke konten utama

Ubah Hobi Jadi Bisnis? Kamu Bisa Coba 5 Tips Ini!

Sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadan. Tahu apa yang bakalan terjadi? Yup, biasanya pada bulan Ramadan akan terjadi lonjakan harga barang-barang. Wah, ini pasti bisa mempengaruhi kondisi kesehatan dompet kita. Bisa-bisa terancam penyakit kronis bernama bokek. So, sudah saatnya menambah penghasilan dengan mengubah hobi jadi bisnis.

Hobi adalah kegiatan yang dengan tekun akan kita geluti berdasarkan minat dan passion. Hobi travelling, menulis, membuat kerajinan tangan, ataupun hobi memasak, kesemuanya dapat kita ubah menjadi sebuah bisnis. Tentunya Teman-teman sangat memahami seluk beluk hobi yang digeluti. Ini adalah satu keunggulan, dibandingkan jika memulai suatu bisnis yang belum dipahami betul. Selain itu, rasa senang saat menjalani hobi, akan membuat lebih tangguh dalam menghadapi kendala saat mengubahnya menjadi bisnis.

Nah, Teman-teman, tertarik menambah penghasilan dengan mengubah hobi jadi bisnis? Yuk, simak 5 hal yang perlu diakukan!

Disiplin Waktu

Walaupun sekadar sebuah hobi, jika ingin mengubahnya jadi bisnis, tentunya harus disiplin dalam hal waktu. Sebab salah satu kunci sukses sebuah bisnis adalah ketepatan waktu.

Ambil contoh jika Teman-teman punya hobi membuat kue, lalu mencoba berbisnis kue. Apa jadinya jika tidak disiplin waktu? Bisa jadi pesanan selalu dikirimkan terlambat. Tentunya lama kelamaan bisnis itu akan mati akibat kehilangan kepercayaan pelanggan.

Disiplin Keuangan

Selain disiplin waktu, disiplin keuangan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kelemahan pebisnis pemula adalah menganggap pemasukan sebagai uang pribadi. Jika ini diteruskan, lama kelamaan bisnis akan menjadi mandek akibat kehabisan modal.

Nah, yang penting dilakukan adalah membedakan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Selain itu, melakukan pencatatan juga perlu, lo. So, walaupun dalam bentuk yang sederhana, pencatatan keuangan penting. Catatan keuangan nantinya berguna untuk mengecek perkembangan bisnismu.

Selalu Upgrade Kemampuan

Walaupun sudah merasa sangat ahli dalam hobi yang digeluti, tetapi perkembangan itu pasti akan selalu ada. Perhatikan perkembangan dan perubahan di sekeliling agar mampu membuat penyesuaian untuk peningkatan bisnis. Jangan ragu untuk mempelajari sepak terjang kompetitor. Lakukan metode ATM (Amati Tiru Modifikasi). Awas, malas berkembang hanya akan membuatmu jadi follower yang akhirnya mati gaya akibat ketinggalan zaman.

Selain itu, melakukan inovasi juga akan membuat bisnis yang dirintis selalu fresh dan menjadi pilihan utama pelanggan.

Lakukan Branding

Awalnya, Teman-teman bisa memajang foto-foto saat melakukan hobi. Misalnya hobi travelling. Unggah foto-foto saat berkunjung ke suatu wilayah. Jangan lupa sertakan caption yang menunjukkan bahwa kamu paham betul seluk beluk wilayah tersebut. Nah, jika branding dirimu sudah terbentuk, Kamu bisa menawarkan jasa terkait hobimu itu. Misalnya, jasa sebagai tour guide. Kamu juga bisa menjadi content writer spesialis artikel travelling.

Jangan lupa, branding diri penting agar orang tahu ini bukan sekadar hobi untuk bersenang-senang. Tunjukkan bahwa Teman-teman sedang melakukan sebuah bisnis dengan serius.

Bangun Jaringan

Manfaatkan perkembangan teknologi untuk terhubung dengan orang-orang yang berkaitan dengan bisnismu. Jalin pertemanan di media sosial dengan orang-orang yang menjadi target marketmu.

Media sosial sangat efektif untuk membangun jaringan bisnis sekaligus memperkuat branding. Jadi, saat memutuskan memulai bisnis dari hobi, mulailah memposting hal-hal positif di timeline media sosialmu. Hindari melakukan ujaran kebencian di timelinemu. So, karena semua Friendlistmu adalah calon pelanggan, buatlah mereka merasa nyaman berteman denganmu di media sosial.

Teman-teman, 5 hal itulah yang perlu Teman-teman lakukan saat akan mengubah hobi jadi bisnis. Lakukan dengan konsisten. Jadilah pebisnis tangguh yang siap menghadapi setiap kendala. Have fun, ya. Bukankah bisnismu itu sesungguhnya adalah hobimu? So, tetaplah bergembira, tetaplah semangat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bot Like dan Komentar Instagram yang Cepat dan Mudah

Bagi Kamu yang memiliki instagram, namun dengan jumlah follower yang masih sedikit. Tentunya akan mempengaruhi jumlah like dan komentar pada setiap postingan Kamu. Namun, ternyata kini ada cara boot/boom like dan komentar instagram yang cepat dan mudah. Yang tentunya bisa Kamu praktekkan pada setiap postingan instagram Kamu. Ingin Tahu Cara Boot/Boom Like Dan Komentar Instagram Yang Cepat Dan Mudah ? Pernah gak sih, Kamu merasa heran dengan jumlah like dan komentar yang banyak di instagram teman Kamu ? Apa pernah Kamu bertanya-tanya, kok bisa ya, mendapatkan jumlah like dan komentar sebanyak itu ? Ya, bisa saja, tentunya jika teman Kamu melakukan cara-cara seperti di bawah ini. Diantaranya : 1.Memiliki Akun Instagram Aktif Cara boot/boom like dan komentar instagram yang mudah dan cepat tentunya dengan memiliki akun instagram dulu. Akun instagram yang dimaksud adalah akun yang aktif, dengan melakukan posting status secara rutin. Baik itu dengan memposting foto maupun video. 2. Membuka B

Ini dia Keunggulan Serta Kekurangan dari Kapal Catamaran!

Kapal Catamaran, atau jika dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kapal Katamaran, adalah salah satu jenis kapal yang memiliki 2 buah lambung. Sekilas, kapal dengan jenis ini seolah-olah memiliki 2 badan kapal. Jika sebelumnya, desain kapal Katamaran ini banyak diadopsi oleh kapal cepat saja. Salah satunya adalah kapal Ferry. Namun kini, desain kapal dengan jenis Katamaran ini banyak digunakan juga pada konstruksi kapal lainnya. Seperti kapal niaga, kapal Roro, maupun kapal militer. Lalu apa saja keunggulan dari jenis kapal Katamaran ini? Yuk, ikuti informasi selengkapnya berikut ini! Keunggulan dari Desain Kapal Catamaran Bisa dibilang, kapal dengan 2 buah lambung (catamaran) merupakan salah satu jenis kapal yang bisa meminimalisir jumlah hambatan yang mungkin bisa ditemui kapal selama pelayaran. Bukan itu saja, kapal dengan desain ini juga banyak digunakan oleh beberapa jenis kapal, karena memang memiliki keunggulan-keunggulan. Jika dibandingkan dengan desain kapal lainnya. Keungg

Tips Memilih Platform Donasi Online Terpercaya Serta Rekomendasi Platformnya!

Banyak langkah untuk menebar kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari mendoakan, membantu meringankan pekerjaan, memberikan jasa atau lapangan kerja, hingga berdonasi. Donasi merupakan penggalangan dana dengan tujuan mengumpulkan dana yang sifatnya sukarela tanpa ada batasan dan pemberi dana tersebut tidak mengharapkan imbalan ataupun keuntungan apapun. Donasi sendiri bisa berwujud benda maupun uang. Jika benda biasanya adalah pakaian, buku, dan lainnya. Jika mendonasikan barang, donatur wajib memperhatikan kualitas dan jenis dari benda yang hendak didonasikan, jangan sampai kecolongan hendak mendonasikan pakaian yang tidak layak pakai atau buku yang memiliki  genre  bacaan tidak sesuai dengan penerima sumbangan. Langkah-langkah Pemilihan Platform Donasi Online Donasi yang dulunya dilakukan secara  offline  kini telah dimodernisasi oleh teknologi yakni donasi  online . Walaupun masih ada juga acara penggalangan secara  offline  namun, platform-platform yang mendukung  d