$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Ini dia Tips Menumbuhkan Minat Baca

Agaknya di zaman yang semakin canggih ini, sudah sangat jarang ditemukan baik anak-anak maupun remaja yang memiliki minat membaca yang tinggi. Teknolo
Agaknya di zaman yang semakin canggih ini, sudah sangat jarang ditemukan baik anak-anak maupun remaja yang memiliki minat membaca yang tinggi. Teknologi yang semakin canggih dan segala kemudahan yang diberikan menjadikan kegiatan membaca tidak terlalu diperlukan. 

Padahal, dengan membaca ada banyak manfaat yang tidak dapat diberikan oleh modernitas zaman. Ketika ditanya, banyak orang menganggap bahwa aktivitas membaca merupakan aktivitas yang membosankan. Terpaku hanya pada sebuah buku atau layar laptop yang penuh dengan berbagai macam huruf membuat sebagian orang sudah merasa pusing duluan ketika diminta membaca.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aktivitas membaca memberikan banyak manfaat. Salah satunya, meningkatkan tingkat kreativitas seseorang dan menjadikan seseorang sadar akan berbagai hal menakjubkan yang dihasilkan oleh pikiran orang-orang hebat. membaca membuka cakrawala kehidupan lebih besar, tidak hanya terbatas dengan cakrawala ilmu pengetahuan akademik, akan tetapi juga dengan pengalaman. 

Tentunya, bagi kamu yang sebelumnya tidak memiliki hobi membaca, dapat melatih hal tersebut dengan membeli berbagai genre buku favorit yang dijual di Gramedia Grand Indonesia melalui Blibli. Mulai dengan hal-hal ringan terlebih dahulu untuk meningkatan motivasi untuk membaca.

Tips Menumbuhkan Minat Baca

Berbicara tentang tips, tidak ada patokan khusus yang dapat dijadikan sebagai hal mutlak untuk menumbuhkan motivasi seseorang untuk membaca. Bahkan bagi seorang ‘kutu buku’ sekalipun, akan ada masanya mereka merasa bosan dengan aktivitas monoton mereka sehari-hari yang hanya terpaku dengan buku untuk membaca. Akan tetapi, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu kamu untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat baca di era saat ini.

‘Dipaksa’ untuk Membaca

Tips pertama untuk menumbuhkan minat membaca yaitu dengan cara memaksakan diri untuk membaca. Terkesan menyebalkan, memang. Akan tetapi, semua harus dilakukan untuk menumbuhkan minat tersebut. Hal paling penting saat ingin bertekad menumbuhkan minat baca yaitu dengan konsisten selalu membaca. 

Coba untuk membaca apapun yang diinginkan, entah itu tabel komposisi makanan, artikel-artikel tentang gaya hidup, caption di sosial media, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu dengan tingkat konsisten yang stabil, lambat laun minat baca itu akan semakin tumbuh dan berkembang, hingga pada tahap kamu tidak bisa melewatkan hari tanpa ada membaca.

Berteman dengan Si Pembaca

Percaya atau tidak, menenggelamkan diri di sekitar orang-orang yang memiliki minat baca tinggi secara tidak sadar akan mendorong kamu untuk turut membaca ketika sedang bersama. Selain itu, kamu dapat meminta tips maupun saran terkait bagaimana mereka tetap konsisten untuk membaca bahkan ketika dilanda dengan rasa malas. motivasi minat bacamu akan semakin meningkat ketika orang-orang yang ada di sekelilingmu merupakan orang dengan prestasi dalam bidang kepenulisan. Apabila kamu memang memiliki minat dan konsistensi dalam bidang menulis, kamu akan menjadikan capaian orang lain sebagai pendorong bagi diri kamu sendiri.

Menyisihkan Waktu untuk Membaca

Ingin konsisten membaca setiap harinya? Menyisihkan waktu adalah solusi mutakhirnya! Suka atau tidak suka, dengan konsisten menyisihkan waktu lambat laun akan membiasakan diri kamu dalam membaca. Coba untuk praktek menyisihkan waktu untuk membaca selama satu bulan. Secara tanpa disadari, setelahnya kamu akan merasa ada yang janggal dan belum kamu lakukan ketika kamu lupa untuk membaca meski hanya terlewat satu hari.

Buat Target Membaca

Selain menyisihkan waktu untuk membaca, membuat target juga dapat memotivasi kamu untuk terus dan selalu membaca. Apabila kamu membaca sebuah buku, buat target untuk membaca satu atau dua halaman setiap harinya. Apabila satu hari terlewat, di hari berikutnya kamu harus membaca dua kali lipat dari jumlah membaca setiap harinya. Apabila target harian dirasa sedikit sulit untuk dicapai, kamu dapat membuat target bulanan atau bahkan tahunan untuk membaca.

Membeli Buku Sesuai Minat

Saat ini, aktivitas membaca dapat kamu lakukan dari mana saja, Bahkan di gawai pun telah menyediakan buku dalam bentuk soft file untuk dibaca. Kamu dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu mendorong minat baca kamu setiap harinya. Mula-mula, pilihlah buku bacaan sesuai dengan minat dan kesukaanmu. 

Entah itu buku tentang resep makanan, novel fiksi, buku ilmu pengetahuan tata surya, astronomi, dan lain sebagainya. Membaca buku yang berkaitan dengan hal yang disuka secara tidak langsung akan memberikan sugesti kepada dirimu untuk membaca. Hal ini karena hal yang dibaca merupakan hal yang diminati dan disukai. Bahkan orang yang malas membaca sekalipun, akan merasa semangat ketika bacaan tersebut sesuai dengan minatnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat bacamu. Apabila kamu ingin membeli sebuah buku sesuai dengan minat baca, kamu dapat membelinya di Gramedia Grand Indonesia melalui Blibli. Saat ini, sedang ada banyak diskon dan promo ditawarkan oleh Blibli bagi kamu yang membeli buku melalui Gramedia Grand Indonesia. 

Blibli bukan hanya sebagai platform penyedia kebutuhan kamu, akan tetapi lebih dari itu, Blibli selalu berusaha dan memprioritaskan orisinal barang maupun produk yang dijual agar kamu selalu mendapatkan yang terbaik di Blibli. Kamu dapat mengecek laman resmi atau aplikasi Blibli baik di Playstore maupun Appstore untuk membeli buku kesukaanmu. Jadi, jangan lupa cek Blibli sekarang juga, ya!

Referensi:

- https://penerbitbukudeepublish.com/meningkatkan-minat-membaca-mahasiswa/

- https://www.timesindonesia.co.id/read/news/254383/10-tips-efektif-menumbuhkan-minat-membaca
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Ini dia Tips Menumbuhkan Minat Baca
Ini dia Tips Menumbuhkan Minat Baca
Agaknya di zaman yang semakin canggih ini, sudah sangat jarang ditemukan baik anak-anak maupun remaja yang memiliki minat membaca yang tinggi. Teknolo
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi9I4bEgXFYXctwWzTP8hI-5yt0m4xprZAkRh7CGTQ0DEv5DlixfyaJLmKaiFH1IKbSB7m1IbjZh-_dQstQL3g6zUHCv07ynl4J7HQPmw7PyfACOe70ez4-bbcXR4Me210UOWYRRQMD6T80FBlHWkjKU0KdiH54zsHaPT7Y3kqab1vZVecDt_C8u9QEWw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi9I4bEgXFYXctwWzTP8hI-5yt0m4xprZAkRh7CGTQ0DEv5DlixfyaJLmKaiFH1IKbSB7m1IbjZh-_dQstQL3g6zUHCv07ynl4J7HQPmw7PyfACOe70ez4-bbcXR4Me210UOWYRRQMD6T80FBlHWkjKU0KdiH54zsHaPT7Y3kqab1vZVecDt_C8u9QEWw=s72-c
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/11/tips-menumbuhkan-minat-baca.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/11/tips-menumbuhkan-minat-baca.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi