$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Ternyata ini Munculnya Penyebab Panu dan Tips Mengatasinya dengan Mudah

Salah satu penyakit kulit yang paling umum diderita oleh masyarakat Indonesia adalah panu. Kenapa bisa menjadi penyakit kulit yang paling umum diderit

Salah satu penyakit kulit yang paling umum diderita oleh masyarakat Indonesia adalah panu. Kenapa bisa menjadi penyakit kulit yang paling umum diderita? Hal ini dikarenakan negara kita merupakan negara beriklim tropis yang memudahkan panu menginfeksi kulit kita.

image via merdeka.com

Panu merupakan penyakit kulit yang muncul dikarenakan jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale yang bisa menginfeksi kulit di bagian mana saja, biasanya area leher, punggu, dada, dan lengan atas. Walaupun tampak sepele dan sering diabaikan, nyatanya munculnya panu di area tubuh seseorang bisa berdampak pada kepercayaan dirinya, membuat orang jadi tidak percaya diri karena panu yang ada di tubuhnya.

Penyebab Munculnya Panu di Tubuh Kamu

Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui apa-apa saja kebiasaan yang biasanya kita lakukan yang dapat menyebabkan timbulnya panu di tubuh kita. Hal ini tentunya bermanfaat agar meminimalisir munculnya panu di tubuh kita dan membuat kita tampil jadi lebih percaya diri. Secara sederhananya, pemicu timbulnya panu di tubuh kita disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Kondisi cuaca lembap dan juga panas 
  • Keringat yang berlebih pada tubuh, biasanya disebabkan kepanasan ataupun habis berolahrga
  • Kulit yang berminyak
  • dan bisa juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa disadari bisa menimbulkan panu di tubuh. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan timbulnya panu yang harus kamu ketahui.

Jarang Mandi

Hayooo, siapa di antara kamu yang ketika hari Minggu atau hari libur lainnya malas mandi? Bagi sebagian orang, mandi merupakan kegiatan yang paling dihindari, apalagi jika hari libur sudah tiba malas mandinya luar biasa. 

Padahal jarang mandi bisa berdampak buruk loh bagi kesehatan kita. Selain menimbulkan bau badan yang tidak sedap, jarang mandi juga bisa membuat timbulnya panu di tubuh kita. Hal ini dikarenakan orang yang jarang mandi akan memiliki kulit yang lembab karena keringatnya menempel di tubuh dan memudahkan jamur tumbuh dan menyebar di kulitmu.

Malas Mengganti Baju

Tak hanya jarang mandi, jarang atau malas mengganti baju juga bisa menyebabkan munculnya panu di sekitaran kulit kamu. Hal ini dikarenakan baju yang jarang diganti biasanya masih dalam keadaan kotor dan penuh keringat, sehingga menyebabkan mudahnya jamur berkembang dan menginfeksi kulit kamu sehingga muncul lah panu.

Tips Mengatasi Panu dengan Mudah

Tak bisa dipungkiri, munculnya panu di kulit seseorang ternyata disebabkan oleh hal-hal sepele yang kerap kali kita abaikan. Setelah mengetahui apa-apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya panu di kulit kamu, di kesempatan kali ini kami juga akan memaparkan tips mengatasi panu dengan mudah. 

Seperti yang kita ketahui bersama, penyebab panu yang paling utama adalah disebabkan oleh infeksi jamur yang muncul karena kurangnya menjaga kebersihan kulit. Nah, dengan menjaga kebersihan tubuh seperti dengan rutin mandi minimal 2 kali sehari, rutin mengganti baju yang sudah kotor, dan menghindari keringat berlebih bisa menjadi cara untuk mengatasi panu tumbuh di tubuh.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah timbulnya panu di tubuh kamu, seperti:

  • Menghindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik
  • Menghindari paparan sinar matahari dalam waktu yang lama, gunakanlah tabir surya
  • Tidak menggunakan produk perawatan kulit yang malah membuat produksi minyak menjadi berlebih
  • Menggunakan obat anti jamur seperti Canesten yang sudah terbukti selama 45 tahun mengatasi infeksi jamur pada kulit
Nah, bagaimana? Ternyata cukup mudah ya cara dalam mengatasi panu. Mencegah lebih baik daripada mengobati, sebelum gejala panu semakin parah lebih baik kamu menerapkan gaya hidup sehat agar kulit kamu terhindar dari berbagai infeksi jamur seperti panu.

Demikianlah tulisan kali ini mengenai Penyebab Panu dan Tips Mengatasinya dengan Mudah, semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat.

Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Ternyata ini Munculnya Penyebab Panu dan Tips Mengatasinya dengan Mudah
Ternyata ini Munculnya Penyebab Panu dan Tips Mengatasinya dengan Mudah
Salah satu penyakit kulit yang paling umum diderita oleh masyarakat Indonesia adalah panu. Kenapa bisa menjadi penyakit kulit yang paling umum diderit
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjgAjVbudMifoUSXg8BAhvhCBhc5cd_53uFTFKayoVkqfg-qr3bPGoViUHIO2ndaADMOIxaG-toJcAUauBTdpTIE05MgOqIsGY2K98a-Qo1vsel5ckwKeg64AMENxb1pEZviM94uLmVnEAxwpiiRqgAqZmnoYueDAmmMP2DIpX82MAatd1RrlKZq6IpuQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjgAjVbudMifoUSXg8BAhvhCBhc5cd_53uFTFKayoVkqfg-qr3bPGoViUHIO2ndaADMOIxaG-toJcAUauBTdpTIE05MgOqIsGY2K98a-Qo1vsel5ckwKeg64AMENxb1pEZviM94uLmVnEAxwpiiRqgAqZmnoYueDAmmMP2DIpX82MAatd1RrlKZq6IpuQ=s72-c
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/08/ternyata-ini-munculnya-penyebab-panu.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/08/ternyata-ini-munculnya-penyebab-panu.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi