$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Tips Menjadi Programmer Handal dan Profesional untuk Pemula

Anda ingin menjadi seorang programmer? Yuk, simak beberapa tips menjadi programmer handal dan profesional pada artikel berikut ini.
Dunia pemrograman di Indonesia berkembang dengan cukup pesat sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang programmer. Apalagi kebanyakan perusahaan-perusahaan juga mencari posisi pekerjaan ini. Sebenarnya ada berbagai tips menjadi programmer yang bisa Anda coba.

Programmer merupakan profesi yang bertugas untuk membuat sebuah aplikasi, baik dalam platform website maupun aplikasi dan melakukan pengujian terhadapnya. Secara umum, seorang programmer bertanggung jawab dalam perancangan, penulisan kode, debugging, pengujian, sampai dengan melakukan pengelolaan.

Nah, untuk Anda yang tertarik bekerja sebagai programmer, simak penjelasan terkait tips menjadi programmer di bawah ini, ya!

5 Tips Menjadi Programmer Handal dan Profesional

Berikut adalah 5 tips menjadi programmer handal dan profesional yang perlu Anda lakukan sebelum terjun ke dunia pemrograman.

Memahami Istilah dalam Dunia Programming

Tips menjadi programmer yang pertama adalah memahami istilah dalam dunia programming. Hal ini wajib dilakukan oleh seluruh programmer pemula. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda saat melakukan praktik membuat program website atau aplikasi.

Adapun beberapa istilah programming yang paling sering digunakan antara lain adalah variabel, debugging, tipe data, flowchart dan algoritma, user interface, user experience, maintenance, dan masih banyak lagi istilah-istilah programming lainnya.

Memilih Salah Satu Bahasa Pemrograman

Setelah memahami istilah pemrograman, tips menjadi programmer selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih salah satu bahasa pemrograman. Mengapa harus memilih salah satu saja? Hal ini bertujuan agar Anda fokus mempelajari bahasa kode-kode dasar program.

Saat ini ada berbagai bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih untuk dikuasai terlebih dulu. Beberapa yang paling sering dipilih oleh programmer saat mengembangkan aplikasi adalah PHP, Java, dan Kotlin. Anda bisa memilih satu dari ketiganya untuk dipelajari lebih dalam.

Belajar Coding

Belajar coding adalah tips menjadi programmer yang wajib Anda lakukan. Berbagai metode bisa Anda pilih untuk belajar coding, seperti dengan belajar sendiri, mengikuti kursus offline dan online, hingga mengikuti bootcamp. Tentunya setiap metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi, pastikan Anda memilih metode yang cocok dan sesuai dengan cara belajar. Dalam proses belajar coding, Anda akan fokus untuk menjadi programmer web, mobile, ataupun desktop yang nantinya akan dikembangkan lebih dalam lagi.

Coba Buat Program Aplikasi Sederhana

Jika Anda sudah paham tentang kode dasar dan bahasa pemrograman, maka tips menjadi programmer yang selanjutnya bisa coba untuk membuat program aplikasi sederhana. Sebagai contoh untuk Anda yang sedang belajar pemrograman Android, bisa memanfaat Android Studio untuk membuat berbagai aplikasi sederhana.

Adapun aplikasi sederhana yang bisa Anda coba antara lain adalah aplikasi kalkulator, konversi suhu, konversi uang, pemesanan makanan, wallpaper, dan berbagai aplikasi sederhana lainnya yang menarik menurut Anda.

Bergabung dengan Komunitas Pemrograman

Dalam proses belajar bahasa pemrograman, tentu Anda tidak bisa hanya bergantung pada diri sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bergabung dengan komunitas pemrograman untuk belajar bersama dan saling berdiskusi tentang serba-serbi pemrograman.

Selain itu, komunitas juga bisa membantu Anda apabila mengalami masalah saat sedang belajar bahasa pemrograman, bisa bertanya kepada anggota sesama komunitas untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kesulitan sendiri.

Demikian 5 tips menjadi programmer handal dan profesional bagi para pemula yang bisa Anda coba lakukan. Kuncinya adalah konsisten dan terus belajar agar Anda semakin paham tentang programming dan bisa bekerja dalam bidang tersebut.
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: Tips Menjadi Programmer Handal dan Profesional untuk Pemula
Tips Menjadi Programmer Handal dan Profesional untuk Pemula
Anda ingin menjadi seorang programmer? Yuk, simak beberapa tips menjadi programmer handal dan profesional pada artikel berikut ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8pv4BCHv7t_s17jlEu-mr5iA3zTGGFFTtBfx4LGBy4Zhw-tjr-ECkUTHrJpZo9rlF8O9QVeqmFSkf2YnBJ5jXMSJ0FhdC84fH9bXRX6qkFe4X_39r6ksfHO47cpQi_gL4AaWWKP65aWKB/s320/belajar+coding.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8pv4BCHv7t_s17jlEu-mr5iA3zTGGFFTtBfx4LGBy4Zhw-tjr-ECkUTHrJpZo9rlF8O9QVeqmFSkf2YnBJ5jXMSJ0FhdC84fH9bXRX6qkFe4X_39r6ksfHO47cpQi_gL4AaWWKP65aWKB/s72-c/belajar+coding.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2021/07/tips-menjadi-programmer-handal-dan.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2021/07/tips-menjadi-programmer-handal-dan.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi