$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Masalah Cepat Berlalu

Tidaklah manusia berhenti menghadapi masalah kehidupan, kecuali setelah kehidupan manusia itu berhenti.

LELUASA.com - Tidaklah manusia berhenti menghadapi masalah kehidupan, kecuali setelah kehidupan manusia itu berhenti. Sudah pada fitrahnya kita menghadapi masalah, maka hadapilah dan jangan menghindarinya.
6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Masalah Cepat Berlalu

Tidak ada badai yang abadi, dan badai pasti berlalu. Maka masalah kita juga pasti berlalu, hanya saja apakah kapal kita tetap ingin bertahan? Atau memilih untuk karam ditelan badai?

Mari lalui semua badai masalah dengan tegar, kokoh, dan berlayar kembali dengan baik. Buat kamu yang sedang dilanda masalah, inilah cara yang harus kamu lakukan agar badai masalah cepat berlalu.

Tenangkanlah Pikiran Kita

Ketika badai masalah menerpa, hal pertama yang mesti kita lakukan adalah menenangkan pikiran. Panik dan emosional hanya akan membuat kita tidak bisa berpikir jernih dan makin memperburuk masalah tersebut.

Kunci menenangkan pikiran adalah dengan menenangkan hati terlebih dahulu. Maka itu sangat baik untuk berdzikir mengingat Allah Ta'ala sang penentu takdir, berwudhulah agar hati dan pikiran semakin tenang.

Lalu dalami baik-baik masalah tersebut, awal mulanya, akibat paling jauhnya, dan bahkan dengan berpikir tenang kamu seketika akan menemukan solusi terbaiknya.

Pikiran yang tenang akan membuat kamu lebih nyaman dan tidak reaksioner dalam bertindak. Reaksioner atau bertindak tergesa-gesa seringnya tanpa menggunakan pemikiran yang matang dan akan membuat masalah baru.

Tidak Berputus Asa Terhadap Badai Masalah

Suatu ketika masalah yang kita hadapi begitu besar, sampai menyiutkan hati dan membuat diri merasa putus asa.

Padahal tidaklah seorang disebut beriman kepada Allah jika sampai jatuh pada rasa putus asa. Karena putus asa berarti menganggap Allah tak mampu menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Ketika jiwa sudah terlatih dan kokoh menghadapi masalah, tentu rasa putus asa tidak akan melanda. Namun, dengan jiwa yang lemah dan iman yang tipis, putus asa tak terelakkan. Apalagi begitu bodohnya jika sampai berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Tetaplah optimis bahwa selalu ada jalan keluar dalam setiap permasalahan. Seberat apapun dan seburuk apapun masalah itu.

Yakini Selalu Ada Jalan Keluar

Allah menciptakan masalah pasti satu paket dengan solusi dan jalan keluarnya. Seperti diciptakannya malam dan siang, pria dan wanita, begitu pun masalah pasti selalu menggandeng solusinya.

Tinggal bagaimana kita mengerahkan hati dan daya pikiran kita untuk mendapatkan solusi terbaik. Tetaplah pada titik tengah antara kesombongan dan keputusasaan.

Kesombongan bahwa semua masalah datang karena konsekuensi logis tanpa keterlibatan Tuhan. Dan kesombongan bahwa semua masalah bisa dilalui dengan kemampuan sendiri tanpa harus meminta pertolongan Tuhan.

Evaluasi Diri Tentang Masalah yang Mendera

Sebagian masalah sudah terselesaikan jika kamu dapat menemukan inti permasalahan yang kamu hadapi. Jika sumber masalah itu berasal dari diri kita, berarti satu-satunya cara hanya dengan mengevaluasi dan merubah sikap kita.

Baik itu evaluasi hubungan dengan diri kita sendiri maupun hubungan dengan lingkungan sosial. Alangkah baiknya jika memulai evaluasi dengan mengaitkan masalah kita dengan Tuhan.

Apakah masalah ini hanyalah ujian untuk meningkatkan derajat ketakwaan kita? Jika itu yang terjadi, maka bersemangatlah untuk menghadapinya, karena karunia besar akan segera datang.

Jika masalah ini adalah teguran atau bahkan hukuman, tidak ada jalan lain selain bertaubat dan memohon ampunan. Sadari apa kesalahan kita, dan segera perbaiki agar Allah berkenan untuk mengampuni dan membantu kita.

Dengannya kita bisa merubah diri kita harus bertindak seperti apa dan bagaimana berinteraksi dengan lingkungan sosial. Jika ternyata tidak ada yang salah, berarti memang ujian saja yang harus kita hadapi dengan sabar.

Mungkin juga pelatihan buat kita untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri agar sukses menjalani kehidupan.

Berdoa dan Memohon Pertolongan Allah

Janganlah sombong dengan mengabaikan kekuasaan Tuhan terhadap kehidupan kita. Sebaliknya juga jangan berputus asa dan menganggap pertolongan Allah tak akan bisa menyelesaikan masalah kita.

Teruslah berdoa dan memohon pertolongan-Nya. Dan Allah dalam janjinya pasti akan memberikan jalan keluar atau berupa karunia yang lebih besar lainnya. Jadi bisa jadi keterpurukan kita diganti dengan yang hal lain yang lebih baik.

Berpikir Kreatif untuk Menemukan Solusi

Tidak cukup berdoa, tapi kita harus berusaha sekuat tenaga. Karena tidaklah Allah merubah keadaan kita, tanpa ada aksi nyata dari diri kita untuk merubahnya.

Itulah mengapa Allah menciptakan manusia lengkap dengan otak untuk berpikir. Maka, pikirkanlah jalan keluarnya. Gunakan cara berpikir kreatif untuk menemukan solusi.

Keluarkan ide-ide yang selama ini ada di benak kamu. Jika kamu masih buntu dengan ide kreatif, maka kondisikan dirimu agar bisa menciptakan hal yang kreatif.

Misalnya menghilangkan kata-kata negatif, membuat piramida pertanyaan, berteman dengan orang kreatif, dan yang paling penting keluarlah dari zona mainstream atau out of the box. Semoga kamu bisa menemukan ide kreatif untuk menyelesaikan masalahmu.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga artikel yang kami kali ini yang berjudul 6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Masalah Cepat Berlalu, bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang membacanya. Jika temen-temen semua merasa tulisan kali ini bermanfaat, bisa membagikannya lewat tombol share di bawah ini!
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: 6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Masalah Cepat Berlalu
6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Masalah Cepat Berlalu
Tidaklah manusia berhenti menghadapi masalah kehidupan, kecuali setelah kehidupan manusia itu berhenti.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcMh9AXfj9vKtP-D1_40G7zlaBgOVByp7TO_dcq55OHxebaP6rWZntZumUueWm3JDP2LeNATrbbWet4gNKqdW4AU386bs_3Y90glGCNqNqv3EOTXH14ndSiNi4hlXHR5D2v5ujWgIt2xiK/s1600/masalah+agar+hilang.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcMh9AXfj9vKtP-D1_40G7zlaBgOVByp7TO_dcq55OHxebaP6rWZntZumUueWm3JDP2LeNATrbbWet4gNKqdW4AU386bs_3Y90glGCNqNqv3EOTXH14ndSiNi4hlXHR5D2v5ujWgIt2xiK/s72-c/masalah+agar+hilang.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2020/05/6-hal-yang-harus-dilakukan-agar-masalah.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2020/05/6-hal-yang-harus-dilakukan-agar-masalah.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi