$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

4 Jenis Phobia Paling Aneh yang tidak akan Kamu Duga

Phobia sendiri memang jenis ketakutan pada hal tertentu dalam kadar yang berlebihan. Phobia bisa berdampak pada emosi seseorang.
LELUASA.com - Kita mengenal dalam kehidupan manusia ada rasa takut. Rasa takut sebenarnya alamiah. Namun jika penyebab rasa takut adalah hal tertentu dan berlebihan bisa jadi sudah masuk dalam phobia.

Phobia sendiri memang jenis ketakutan pada hal tertentu dalam kadar yang berlebihan. Phobia bisa berdampak pada emosi seseorang. Beberapa pakar menyebut, phobia bisa terjadi karena trauma masa lalu. Jika trauma tersebut membekas maka rasa tersebut terus akan tinggal di pemikirannya.

Saat seseorang bertemu dengan hal yang membuatnya trauma, maka rasa phobianya akan muncul. Phobia sendiri memiliki berbagai macam jenis. Pasalnya, penyebab trauma pada diri seseorang bisa beragam.

Diyakini di dunia ini ada lebih dari 500 jenis rasa phobia terhadap berbagai hal. Mulai dari yang benar-benar menyeramkan hingga hal-hal kecil yang kadang sepele. Namun tahukah kamu jika ternyata diantara jenis phobia tersebut, ada beberapa phobia yang sangat unik sekaligus aneh. Mari kita simak tulisannya di bawah ini.

Xanthophobia

Semua orang suka dengan warna-warna. Saat mendekorasi rumah, biasanya kita akan memilih warna favorit. Begitu juga dengan baju, aksesoris sampai warna kendaraan.

Saat ditanya apa warna favorit seseorang, pasti ia akan dengan senang menyebutkannya. Perpaduan warna yang pas juga akan membuat sebuah objek menjadi sangat indah. Seseorang kadang menyukai jenis-jenis warna yang terang seperti merah, oranye dan kuning.

Beberapa sangat suka dengan jenis warna yang lembut seperti pink, hijau, biru muda dan tosca. Namun bagi penderita, Xanthophobia tidak semua warna menyenangkan.

Jenis phobia yang satu ini memang unik. Penderita Xanthophobia adalah orang-orang yang takut warna kuning! Wah, apa jadinya jika penderita Xanthophobia melihat lampu lalu lintas di Indonesia. Bisa-bisa sebelum lampu merah atau hijau, orang tersebut sudah kabur duluan.

Ternyata bukan hanya takut melihat warna kuning, penderita Xanthophobia juga akan ketakutan setengah mati kala mendengar warna kuning. Tentu dengan deskripsi warna kuning di masing-masing bahasa di dunia.

Betapa menakutkannya bagi pengidap Xanthophobia melihat warna yang identik dengan keceriaan ini. Penyebab phobia memang beragam dan memunculkan jenis phobia yang aneh. Biasanya Xanthophobia bisa terjadi karena trauma serius yang melibatkan warna kuning.

Pogonophobia

Pria identik dengan kejantanan. Mereka tampil sangat maskulit dengan ciri-ciri otot yang kekar, jambang yang lebat dan tubuh yang ideal.

Bagi beberapa pria, memelihara jambang dan jenggot adalah tanda-tanda maskulinitas. Bahkan beberapa wanita pun tertarik dengan pria yang memiliki jenggot lebat. Dalam keyakinan agama Islam pun, memelihara jenggot sangat dianjurkan.

Namun jika kamu berjenggot, jangan pernah mendekati orang-orang yang menderita Pogonophobia. Ya, jenis phobia ini adalah phobia yang memiliki rasa trauma dengan jenggot.

Jika seseorang melihat pria berjenggot, ia akan segera menghindar dan lari. Ia akan merasa tak nyaman berdekatan dengan pria berjenggot. Pogonophobia memang lebih banyak diidap oleh wanita.

Biasanya mereka memiliki trauma masa lalu yang berhubungan dengan jenggot.

Ombrophobia

Dunia ini memiliki beberapa musim. Meski berbeda, ada persamaan dari musim di belahan bumi dunia. Indonesia sebagai negara tropis memiliki musim hujan dan kemarau.

Sementara negara Eropa dan Amerika memiliki musim salju, gugur, semi dan panas. Diantara peralihan musim itu juga terdapat hujan.

Hujan begitu diharapkan oleh wilayah yang mengalami kekeringan. Saat hujan, tanaman akan mendapat asupan air yang melimpah. Kedatangan hujan begitu diharapkan orang-orang.

Bahkan hujan identik dengan suasana romantis. Namun kedatangan hujan justru tidak diharapkan oleh pengidap Ombrophobia. Penderita phobia jenis ini sangat takut dengan hujan. Padahal hujan menjadi arena paling menyenangkan untuk bermain saat kita masih kecil.

Mendengar gemericik hujan pun, pengidap Ombrophobia akan ketakutan. Bahkan pada kasus Ombrophobia yang lebih gawat, mereka akan teriak-teriak tidak karuan hanya karena terkenan tetesan hujan.

Venustraphobia

Bagi kebanyakan lelaki, jika ditanya bagaimana kriteria istri idamannya? Pasti mayoritas akan menjawab istri yang cantik secara fisik. Termasuk kamu bukan?

Namun tahukah kamu jika ternyata tidak semua pria menyukai wanita berparas cantik menawan. Jika orang mati-matian agar mendapatkan perhatian si wanita cantik, lain halnya dengan pengidap Venustraphobia.

Mereka akan mati-matian menjauhi para wanita cantik atau mereka akan ketakutan setengah mati. Astaga, ada ya yang rela dan ikhlas tidak mau berdekatan dan melihat wanita cantik.

Jenis phobia ini terjadi jika penderitanya bertemu, berdekatan, berteman bahkan menjalin hubungan dengan wanita cantik.

Tentu bagi penderita Venustraphobia yang ingin memiliki istri berparas cantik, mereka harus melakukan konsultasi dan terapi. Agar tak takut lagi melihat makhluk berparas cantik dan rupawan.

Bagaimana, semoga bermanfaat ya tulisan kali ini untuk menambah wawasanmu!
Nama

Artikel,107,Kehidupan,21,Kerja,19,Kesehatan,24,Makanan,3,Menarik,42,Pendidikan,35,Wisata,12,
ltr
item
LELUASA.com: 4 Jenis Phobia Paling Aneh yang tidak akan Kamu Duga
4 Jenis Phobia Paling Aneh yang tidak akan Kamu Duga
Phobia sendiri memang jenis ketakutan pada hal tertentu dalam kadar yang berlebihan. Phobia bisa berdampak pada emosi seseorang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr_Eculddfe52JSUMfq7TplekdB7Fu47Ife2XK6rKSmLgXH1NX1T4StuhYGu5yYuy2w19tL2wcOpG6MG9jZtWv3KRkJpbsDB8kpmC2RafPMVR5GjG9euVOUATwP1s8oWvuS3xfpoIP_UZB/s1600/phobia+yang+mengerikan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr_Eculddfe52JSUMfq7TplekdB7Fu47Ife2XK6rKSmLgXH1NX1T4StuhYGu5yYuy2w19tL2wcOpG6MG9jZtWv3KRkJpbsDB8kpmC2RafPMVR5GjG9euVOUATwP1s8oWvuS3xfpoIP_UZB/s72-c/phobia+yang+mengerikan.jpg
LELUASA.com
https://www.leluasa.com/2020/05/4-jenis-phobia-paling-aneh-yang-tidak.html
https://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/
http://www.leluasa.com/2020/05/4-jenis-phobia-paling-aneh-yang-tidak.html
true
7877209108300232127
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi